Sejarah Qatar, dari Jajahan Inggris Menjadi Negara Terkaya di Dunia

Sejarah Qatar, dari Jajahan Inggris Menjadi Negara Terkaya di Dunia, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Qatar adalah sebuah emirat di Timur Tengah yang terletak di semenanjung kecil di Jazirah Arab. Batasnya di selatan adalah Arab Saudi, dan sisanya dibatasi Teluk Persia.

Sejarah

Setelah dominasi Inggris dan Kesultanan Utsmaniyah di Qatar, akhirnya Qatar menjadi negara yang merdeka pada 3 September 1971. Dahulu, Inggris menguasai Qatar sebagai tempat transit kapal dagang sebelum menuju India. Qatar kemudian memperoleh status sebagai dependen Inggris, kemudian status protektorat Inggris yang dihentikan pada 1916.

Setelah Perang Dunia Kedua, Qatar berusaha memperoleh kemerdekaan, terutama setelah India mencapai kemerdekaannya pada 1950-an. Qatar makin gencar setelah Inggris memberikan kemerdekaan kepada Kuwait pada 1961.

Pemerintah Inggris menyatakan akan menghentikan penguasaan politik, tapi tetap meneruskan penguasaan ekonomi di Qatar. Hal ini tidak dibiarkan oleh Qatar, dengan membentuk Federasi Arab Teluk, bersama dengan Bahrain.

Ekonomi

Awalnya, ekonomi Qatar difokuskan pada perikanan dan mutiara, namun industri mutiara jatuh setelah munculnya mutiara yang dibudidayakan dari Jepang pada 1920-an dan 1930-an.

Transformasi ekonomi terjadi pada 1940-an, yaitu pada masa penemuan simpanan minyak bumi. Sekarang, pemasukan utama Qatar adalah ekspor minyak dan gas bumi. Simpanan minyak negara ini diperkirakan sebesar 15 miliar barel (2,4 km³).

Untuk beberapa tahun ke depan, Qatar diperkirakan akan tetap fokus pada minyak dan gas bumi, namun sudah mulai mengembangkan sektor swasta. Pada 2004, Qatar Science & Technology Park dibuka untuk menarik dan melayani berbagai usaha berbasis teknologi, baik dari dalam maupun luar Qatar.

Dengan PDB per kapita nomor 2 tertinggi di dunia, dengan perkiraan tahun 2008 sekitar $111.000 yang menjadikannya sebagai negara dengan taraf hidup penduduknya bisa disamakan bahkan lebih maju dibandingkan negara-negara Eropa Barat, dengan berbagai layanan sosial dan fasilitas modern.

Related

Traveling 1196937711377865097

Recent

item