Sering Mimpi Buruk Selama Karantina di Rumah? Ini Penyebabnya

Sering Mimpi Buruk Selama Karantina di Rumah? Ini Penyebabnya, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Selama wabah virus corona, tak jarang orang mengalami perubahan pada siklus tidur. Beberapa di antaranya mulai sulit beristirahat, bahkan ada yang tidak nyenyak lantaran dihadapkan pada mimpi buruk.

Seorang psikolog sosial di Universitas Maryland, Amerika Serikat, Dylan Selterman pun mencoba menjelaskan penyebabnya. Melansir dari situs Vox, ia mengatakan salah satu pencetus utamanya adalah kecemasan publik atas merebaknya COVID-19. Rasa cemas yang hadir itu akan mempengaruhi kerja otak, bahkan saat tidur.

“Walaupun tubuh dalam keadaan sedang beristirahat, tapi otak tetap bekerja. Inilah yang mempengaruhi mimpi, termasuk apa yang belakangan sedang dipikirkan,” katanya.

Pria yang membangun laboratorium Dreams, Relationships, Emotions, Attraction, and Morality (DREAM) itu juga menjelaskan bahwa otak memilih hal yang ingin dihadirkan dalam mimpi.

“Umumnya selalu berhubungan dengan sesuatu yang tidak biasa, contohnya seperti pandemi saat ini,” ujarnya.

Menambahkan pernyataan Selterman, psikolog dan spesialis tidur dan mimpi dari Universitas Arizona, Rubin Naiman, juga menyebutkan penyebab lain dari mimpi buruk. Ini berhubungan dengan waktu istirahat yang semakin panjang.

“Selama karantina di rumah, tentu keterbatasan aktivitas membuat kita tidur saja,” ungkapnya.

Sayangnya, terlalu banyak tidur berkaitan erat dengan siklus rapid eye movement (REM) atau pergerakan mata normal.

“Berbagai penelitian telah menunjukan bagaimana siklus REM mempengaruhi kehadiran mimpi buruk. Jadi, semakin banyak siklus REM, maka semakin banyak mimpi buruk yang biasanya dialami,” tuturnya, seperti dilansir dari situs LA Times.

Related

Psychology 3328161219255833821

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item