Tak Perlu Cemas Kalau Mau Sunat di Masa Pandemi: Aman, Kata Dokter

Tak Perlu Cemas Kalau Mau Sunat di Masa Pandemi: Aman, Kata Dokter, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Spesialis bedah anak RSUI, dr. Tri Hening Rahayatri, mengatakan sirkumsisi atau sunat tetap dapat dilaksanakan dalam kondisi pandemi COVID-19.

Menurut Hening, sirkumsisi harus dilakukan di pusat pelayanan kesehatan yang profesional, mumpuni, terstandar, dan mempunyai protokol kesehatan yang jelas untuk mencegah penularan COVID-19.

"Hendaknya untuk setiap RS, klinik, ataupun rumah sunat memastikan keamanan, baik untuk pasien dan tenaga kesehatan yang mengerjakan," kata Tri Hening yang juga staf pengajar Departemen Ilmu Bedah FKUI/RSCM.

Ia mengatakan saat ini masih terdapat orang-orang terinfeksi namun tanpa gejala atau kita kenal dengan orang tanpa gejala (OTG) sehingga perlu diwaspadai.

"Sirkumsisi aman bila dikerjakan oleh tenaga kesehatan yang berpengalaman dan di fasilitas kesehatan yang memiliki standar tinggi dalam pencegahan COVID-19," katanya.

Dikatakannya, sirkumsisi harus segera dilaksanakan dan tidak dapat ditunda jika terdapat indikasi atau keadaan khusus yang mempengaruhi kesehatan anak.

“Selama masa pandemi, sebelum dilaksanakan sirkumsisi pasien wajib menjalani rangkaian pencegahan COVID-19 seperti skrining kesehatan, tes cepat, atau tes usap PCR, disesuaikan dengan kondisi pasien,” ujar Hening.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan mengenai berbagai metode khitan yang dapat dilakukan, tergantung pada keahlian masing-masing yang mengerjakannya. Di RSUI sendiri, lebih memilih metode konvensional. Pada teknik konvensional, bisa dilihat apa yang dikerjakan dan harus dipastikan area yang disirkumsisi.

Untuk teknik laser perlu berhati-hati karena dasarnya menggunakan cutter sehingga bisa menyebabkan komplikasi seperti terpotongnya kepala penis dan luka bakar. Di era pandemi, sirkumsisi bisa saja mesti dilakukan untuk pasien dengan COVID-19.

Pada keadaan demikian, RSUI merupakan salah satu RS yang memiliki ruangan khusus dengan tekanan negatif untuk mencegah penularan. Lebih lanjut, COVID-19 disebutkan tidak mempengaruhi penyembuhan luka.

Namun, COVID-19 berpengaruh pada kondisi pasien secara keseluruhan. Kesiapan anak, kesiapan orang tua, kesiapan waktu, dan kesiapan menjelang pelaksanaan sirkumsisi sangat penting juga untuk diperhatikan.

Sementara itu, perawat anestesi di ruang operasi RSUI, Ahmad Fauzi, S.Kep, mengatakan kemauan anak, kondisi fisik anak, dan kondisi psikologis wajib untuk dipertimbangkan sebelum sirkumsisi dilaksanakan.

Ia mengatakan orang tua diimbau untuk memfasilitasi kenyamanan anak sebagai salah satu perawatan pascasirkumsisi dengan menyediakan pakaian yang nyaman.

"Mengenai perawatan pasien pasca sirkumsisi, kita perlu mempertimbangkan dan menyesuaikan dengan bagaimana teknik sirkumsisi yang dilakukan," katanya.

Related

Male 2181991810343744524

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item