Tips Gowes Sepeda yang Aman dan Nyaman dari Pebalap Sepeda Nasional

Tips Gowes Sepeda yang Aman dan Nyaman dari Pebalap Sepeda Nasional, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Pelabap sepeda nasional Indonesia, Elga Kharisma Novanda, memberikan tips buat para pemula yang ingin mencoba gowes sepeda secara aman dan nyaman.

Sebelum bersepeda, hal pertama yang harus dilakukan menurut Elga adalah memilih sepeda yang sesuai dengan kebutuhan. Banyak model dan tipe sepeda yang bisa digunakan, mulai dari folding bike atau sepeda lipat, MTB (Mountain Bike), road bike dan BMX.

Berikut tips dan trik bersepeda bagi pemula dari pebalap nasional, Elga Kharisma;

Pilih sepeda sesuai kebutuhan

Sebelum membeli sepeda, tentukan kebutuhan bersepeda lebih dulu. Elga menyarankan untuk pemula lebih baik pilih sepeda MTB.

Dari sisi handling, dia menilai MTB cukup bersahabat untuk pemula. Mau main blusukan di hutan kota sampai gowes di jalan raya, sepeda MTB cukup nyaman.

Sepeda lipat juga sebenarnya bagus buat pemula. Banyak juga pemula yang tertarik dengan sepeda lipat, tapi dari segi handling menurut Elga lebih nyaman MTB dan bisa dipakai di mana saja.

Harga sepeda MTB dengan merk lokal disebut Elga juga banyak yang bersahabat dengan kantong. Kisaran harganya mulai Rp2-10 juta. Tinggal cari yang sesuai budget.

Pastikan spesifikasi sepeda yang dibeli

Tidak bisa dimungkiri, kualitas menentukan harga. Namun bagi pemula, Elga menyarankan untuk membeli sepeda rakitan pabrik.

"Enak, setting pabrik sudah sesuai standar, bisa langsung pakai. Siap gowes," ucap Elga.

Elga tidak menyarankan kepada pemula untuk merakit sepeda seperti yang sedang tren di masyarakat belakangan. Namun, jika mereka merupakan pemain lama dan sudah mengerti seluk beluk bersepeda, hal itu tidak dilarang.

"Kalau tidak paham sepeda, takutnya bisa dibohongi kalau ada yang jahat. Misalnya merakit dengan harga tinggi, tapi spesifikasinya rendah. Padahal harusnya dengan harga mahal sudah bisa dapat spesifikasi yang lebih tinggi," ungkapnya.

Jaga keselamatan bersepeda di jalan raya

Sejak masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan selama masa pandemi Covid-19, masyarakat banyak yang meluangkan waktunya bersepeda. Termasuk di jalan raya Ibukota.

Elga berpesan kepada masyarakat yang bersepeda di jalan raya supaya tidak bergerombol dan seolah menguasai jalan.

"Yang benar, boleh ramai-ramai naik sepeda tapi harus tertib juga. Dua baris misalnya, kalau mau menyeberang kasih tanda. Tapi kadang orang-orang gowes sepeda makin berkuasa, sehingga membuat orang lain dipaksa mengalah. Buat keamanan juga supaya tidak terjadi kecelakaan," sebut Elga.

Saat bersepeda, jangan lupa pakai sepatu dan helm untuk menjaga keamanan. Sepeda juga harus dilengkapi lampu jika gowes dilakukan di malam hari, untuk memberitahu ke pengguna kendaraan lain.

"Supaya tidak membahayakan si pesepeda dan orang dengan kendaraan lain. Jadi aman," sebutnya.

Related

Tips 4095692203183095510

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item