Tips Mengatasi Perasaan Takut Gagal, agar Berani Melangkah dan Mencoba

Tips Mengatasi Perasaan Takut Gagal, agar Berani Melangkah dan Mencoba, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Perasaan takut gagal biasanya dialami orang yang perfeksionis. Kondisi ini dikenal dengan istilah atychiphobia, yaitu perasaan irasional takut gagal yang terus menerus muncul. Sama seperti jenis phobia lain, atychiphobia membuat seseorang mengalami perubahan secara fisik dan emosi.

Kadang dalam situasi tertentu, ketakutan akan kegagalan itu semakin parah. Namun gejala merasa takut gagal berbeda pada setiap orang, ada yang ringan hingga parah tak bisa lagi melakukan aktivitas dengan baik.

Meskipun rasa takut gagal yang berkaitan dengan atychiphobia menyerang pikiran, gejalanya bisa dirasakan secara fisik seperti kesulitan bernapas, detak jantung sangat cepat, dada sesak, gemetaran, merasa pusing, perut terasa tidak nyaman dan keringat dingin

Selain gejala fisik, gejala emosional yang muncul di antaranya merasa panik dan cemas berlebih, kewalahan ingin meninggalkan situasi yang sedang dirasakan, merasa tidak terhubung dengan diri sendiri, merasa tidak bisa mengendalikan situasi, merasa akan pingsan bahkan meninggal, dan merasa tak kuasa melawan rasa takut.

Namun Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk menghalau rasa takut gagal. Berikut ini cara mengatasi rasa takut gagal

Psikoterapi

Jika rasa takut gagal sudah sangat mengganggu dan berhubungan dengan atychiphobia, maka tindakan medis seperti psikoterapi perlu diberikan. Pakar kesehatan mental akan memberikan penanganan seperti terapi perilaku kognitif untuk berlatih menghadapi ketakutan akan rasa gagal.

Pengobatan

Selain psikoterapi, dokter juga bisa memadukan pengobatan untuk mengatasi panik dan cemas berlebih saat berada di situasi tertentu. Contohnya bagi orang yang mengalami atychiphobia, obat ini bisa dikonsumsi jelang menghadiri pertemuan penting atau berbicara di hadapan publik.

Obat-obatan seperti beta blockers bekerja dengan menutup adrenalin agar tidak meningkatkan detak jantung, menaikkan tekanan darah, dan membuat tubuh gemetar. Obat ini juga membantu mengurangi rasa cemas berlebih sehingga merasa lebih rileks.

Relaksasi

Selain pengobatan medis, relaksasi juga bisa membantu seseorang yang kerap merasa takut gagal. Teknik relaksasinya beragam bisa dengan meditasi atau yoga. Beraktivitas fisik juga dapat menjadi pilihan untuk mengelola rasa cemas berlebih dalam jangka panjang.

Kuasai rasa takut gagal

Untuk bisa mengatasi rasa takut gagal, pertama-tama akui dulu emosi yang sedang terjadi. Dengan mengakui perasaan ini, seseorang bisa menghindari dominasi rasa takut gagal berlebihan. Kemudian, cari orang terpercaya untuk membicarakan tentang hal ini secara detil.

Fokus pada apa yang bisa dikendalikan

Ketika berada di situasi yang rentan memunculkan rasa takut gagal, cari aspek apa yang bisa dikendalikan.

Contohnya ketika harus mengerjakan project yang belum dikuasai sama sekali, coba cari orang yang sudah berpengalaman dan tak segan berbagi ilmu. Sedikit demi sedikit, cara ini bisa membuat seseorang merasa situasi bisa dikendalikan.

Buat visualisasi rasa takut

Ketika merasa takut, bayangkan berada dalam sebuah ruangan dengan penghalang atau obstacle. Kemudian, mulailah berjalan layaknya berada dalam sebuah permainan sembari menghindari halangan demi halangan.

Kemudian, bayangkan berhasil melewati semua halangan dan tiba di garis finish. Meskipun visualisasi ini terkesan imajinatif, ini bisa membantu seseorang mengatasi rasa takut gagal.

Cari sisi positif

Ketika merasa takut gagal, tanyakan kepada diri sendiri apa situasi positif yang bisa dipetik dari kondisi ini. Tak hanya itu, yakinkan diri bahwa kondisi ini membuat Anda bisa berkembang jauh lebih baik dengan belajar banyak hal.

Perspektif seperti ini akan melatih kelihaian seseorang dalam merangkul rasa takut gagal dan berani mengambil langkah.

Related

Tips 8212781547279170595

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item