Waspada, 19 Aplikasi Android Ini ternyata Berisi Malware Berbahaya

Waspada, 19 Aplikasi Android Ini ternyata Berisi Malware Berbahaya naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Perusahaan keamanan siber AS, White Ops mengungkapkan bahwa ada 19 aplikasi Android berbahaya. White Ops melaporkan aplikasi berbahaya ini sudah diunduh sebanyak 3,5 juta unduhan. Namun sebagian dari aplikasi itu sudah dihapus dari Google Play Store.

Menurut temuan White Ops, 19 aplikasi itu menyisipkan iklan yang berisi malware dan pihak Google pun tidak bisa mendeteksi aplikasi sedari awal.

Berikut daftar 19 aplikasi berbahaya Android:

1. Auto Picture Cut
2. Color Call Flash
3. Square Photo Blur
4. Square Blur Photo
5. Magic Call Flash
6. Easy Blur
7. Image Blur
8. Auto Photo Blur
9. Photo Blur
10. Photo Blur Master
11. Super Call Screen
12. Square Blur
13. Smart Blur Photo
14. Smart Photo Blur
15. Super Call Flash
16. Smart Call Flash
17. Blur Photo Editor
18. Blur Image
19. Super Call Screen

Gabungan para peneliti White Ops mengatakan sebetulnya mereka menemukan 29 aplikasi dengan kode yang memfasilitasi iklan di luar konteks (OCC) dan memakai cara yang cukup cerdik untuk menghindari deteksi, seperti dilansir Phone Arena.

Aplikasi-aplikasi itu kata mereka memanifestasikan lalu lintas iklan dengan volume tinggi yang mencurigakan dan kebanyakan aplikasi menyamar sebagai editor foto.

"Sebagian besar pengembang menyertakan kata 'blur' pada nama aplikasi mereka dan banyak yang mengaku sebagai editor foto yang memungkinkan pengguna untuk mengaburkan bagian gambar," kata salah satu peneliti dikutip dari laman resmi White Ops.

Para peneliti White Ops pun membagikan bagimana cara mengetahui apakah aplikasi Android yang Anda unduh berbahaya atau tidak.

Jadi, jika Anda mengunduh suatu aplikasi dan tidak muncul di halaman beranda ponsel, aplikasi sudah pasti teridentifikasi palsu. Lalu aplikasi berbahaya tersebut akan mulai membombardir ikan yang muncul begitu saja.

Related

Smartphone 8105671825941317466

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item