Bagi Karyawan Gaji UMR, Bantuan Pemerintah Bisa Dipakai untuk Nyicil Motor

Bagi Karyawan Gaji UMR, Bantuan Pemerintah Bisa Dipakai untuk Nyicil Motor naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Kondisi ekonomi yang merosot tajam membuat sejumlah perusahaan memberhentikan karyawannya di tengah pandemi covid-19. Sekalipun bekerja, karyawan swasta rata-rata hanya menerima gaji UMR (Upah Minum Regional). 

Diketahui, Pemprov DKI meningkatkan UMR pada 2020 menjadi Rp4,2 jutaan dari Rp3,9 jutaan di 2019 lalu. Dengan pendapatan di bawah Rp5 juta, pemerintah berinisiatif membantu para karyawan tersebut dengan uang tambahan.

Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir mengatakan, pemerintah memberikan uang tambahan sebesar Rp600 ribu untuk karyawan swasta dengan gaji di bawah Rp5 juta.

“Bantuan Rp600 ribu akan diberikan per bulan selama 4 bulan. Program stimulus ini sedang difinalisasi agar dijalankan Kementerian Ketenagakerjaan di September 2020,” ujar Erick dalam keterangannya.

Menteri BUMN itu menjelaskan, bantuan akan diberikan per dua bulan ke rekening para pekerja, dan pemerintah akan fokus membantu 13,8 juta pekerja non PNS dan non BUMN yang aktif terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan dengan iuran di bawah Rp150 ribu per bulan.

Karwayan yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta atau setara UMR artinya bisa memanfaatkan uang bantuan tersebut untuk tambahan membayar cicilan motor. Cukup banyak pekerja yang hanya memiliiki gaji UMR nekat memboyong motor dengan cara kredit.

Menurut Ade, salah satu tenaga penjual diler Yamaha di Jakarta Barat, karyawan yang memiliki penghasilan Rp4,2 jutaan atau setara UMR bisa mengajukan kredit motor sekelas Mio series, Fino, FreeGo atau Lexi yang paling termahal.

“Angusran per bulan tergantung DP, bisa juga cicilan per bulan Rp594 ribu (setara uang bantuan) selama 35 bulan untuk New Mio Spoke yang harganya Rp15,77 juta. Tapi DP 40 persenan atau Rp6,4 juta,” ujarnya.

Sementara menurut salah satu tenaga penjual diler motor Honda yang tidak ingin disebutkan namanya, setiap motor bisa dicicil sesuai keinginan misalnya RRp600 ribu per bulan, namun konsekuensinya DP yang harus dibayarkan lebih besar.

“Normalnya paling murah Honda Revo X harganya Rp16,6 juta untuk tenor 35 bulan cicilannya saja sudah Rp701 ribu dengan DP Rp3,4 juta, kalau mau lebih rendah tinggal digedein aja uang awalnya,” tuturnya.

Related

News 648476222855648992

Recent

item