Begini Asal Usul Oksigen yang Memungkinkan Kita Hidup di Bumi

Begini Asal Usul Oksigen yang Memungkinkan Kita Hidup di Bumi,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Oksigen adalah unsur paling melimpah di alam semesta. Kandungan ini juga dibutuhkan sebagian besar makhluk hidup untuk melakukan metabolisme. Namun tahukah kamu, jika keberadaan oksigen di Bumi ternyata diawali oleh sejarah kelam?

“Oksigen pertama diproduksi 2,7 miliar hingga 2,8 miliar tahun yang lalu,” kata ilmuwan Dick Holland, seperti dikutip dari Scientific American.

Ketika itu, Bumi hanya didiami mikro organisme anaerobik. Di mana sebagian besarnya menggunakan sulfat untuk bertahan hidup. Namun ada satu mikro organisme air yang tidak melakukan hal ini, yakni sinobakteri.

Dibanding memanfaatkan sulfur, organisme ini malah menggunakan air, sinar matahari, dan karbon dioksida, untuk memenuhi kebutuhannya. Proses ini disebut fotosintesis, dengan oksigen sebagai keluarannya.

Namun, karena pada saat itu tidak ada oksigen bebas di atmosfir, maka oksigen yang dihasilkan sionabakteri terperangkap dalam gelembung air, atau terikat dengan mineral besi. Ketika jumlahnya makin banyak dan tidak tertampung, oksigen terlepas ke udara dan lautan. Inilah awal mula berlimpahnya oksigen di Bumi.

Sayangnya, oksigen adalah racun bagi anaerobik. Meningkatnya jumlah oksigen di Bumi berarti ancaman keberlangsungan hidup anaerobik. Tidak perlu waktu lama hingga kiamat pertama di Bumi terjadi: kepunahan sebagian besar anaerobik.

Sementara itu, kehidupan sionabakteri juga terancam. Jumlah oksigen yang makin banyak membuat metana di Bumi berkurang. Padahal metana berguna untuk menjaga Bumi tetap hangat. Efeknya, suhu Bumi turun drastis dan mengancam populasi sionabakteri.

Di tengah-tengah keputusasaan, muncul sejumlah organisme yang menggunakan oksigen untuk mempertahankan kehidupannya. Dari sinilah tanaman mikroskopis tumbuh dan berkembang.

Related

Science 5721811737887793145

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item