Begini Proses Pembuatan Laptop dari Awal Sampai Akhir

Begini Proses Pembuatan Laptop dari Awal Sampai Akhir, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Mungkin selama ini kita mengira bahwa laptop hanya berasal dari negara-negara seperti Amerika Serikat, Taiwan, maupun Jepang. Namun, kenyataannya tidak begitu. Berikut ini asal mula lahirnya laptop yang kita gunakan.

Pertama-tama, kita perlu membahas mikroprosesor. Sebagai jantung setiap komputer, mikroprosesor memulai keberadaannya dalam bentuk bongkahan kristal kuarsa. Tentu saja kristal ini tidak dapat langsung digunakan sebagai prosesor, namun perlu terlebih dulu dilakukan pemurnian. Negara-negara yang memimpin dalam industri pemurnian silikon adalah Cina, Amerika Serikat, Norwegia, dan Brazil.

Selanjutnya, silikon murni melanjutkan petualangannya ke pabrik pembuatan wafer. Di sana, silikon murni dicetak dalam wafer silikon, dengan berbagai diameter. Wafer silikon adalah dasar dari semua mikrochip yang akan dibuat. Untuk urusan membuat wafer seperti ini, Jepang dan Amerika Serikat jagonya.

Setelah didapatkan wafer silikon, proses pembuatan mikroprosesor kembali berpindah ke pabrik perakitan mikroprosesor. Untuk kawasan Asia Tenggara, Malaysia dan Filipina adalah tempatnya.

Langkah selanjutnya dalam perakitan sebuah laptop adalah pemasangan prosesor ke motherboard. Biasanya, pabrikan menyerahkan bagian ini ke perusahaan di Shanghai.

Setelah selesai dengan pemasangan prosesor, dilanjutkan dengan pemasangan bagian-bagian lain dari sebuah laptop, antara lain harddisk, LCD, drive optik, baterai, keyboard, dan kelengkapan lainnya.

Kemudian, langkah terakhir adalah “branding”, dimana seolah-olah pabrikan laptop telah melakukan proses manufaktur secara mandiri.

Related

Technology 2738124422963168409

Recent

Hot in week

item