Chicxulub, Bencana Kiamat yang Memusnahkan Dinosaurus

Chicxulub, Bencana Kiamat yang Memusnahkan Dinosaurus, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Chicxulub disebut-sebut sebagai kiamatnya para dinosaurus. Para binatang purba ini lenyap dari Bumi akibat hantaman asteroid berukuran 10 kilometer pada periode akhir Zaman Kapur-Paleogene, sekitar 66 juta tahun yang lalu.

Hantaman asteroid ini menciptakan mega tsunami setinggi seratus meter, yang menyapu daratan Amerika. Debu, uap, dan awan panas yang timbul akibat jatuhnya asteroid langsung membumbung tinggi ke atmosfer, dalam waktu kurang dari satu detik.

Akibatnya, sinar matahari tidak bisa mencapai permukaan Bumi. Suhu udara pun langsung anjlok drastis. Hal ini membuat tanaman tak bisa berfotosintesis dan mati. Langkah pertama dalam kerusakan rantai makanan para dinosaurus.

Kiamat ini berhasil memusnahkan 75 persen binatang dan tumbuhan di Bumi, termasuk semua dinosaurus non unggas. Benar-benar malapetaka yang sangat mengerikan.

Related

Science 7435991888312567038

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item