Ini 7 Manfaat Klorofil, dari Cegah Kanker Sampai Hilangkan Bau Badan

Ini 7 Manfaat Klorofil, dari Cegah Kanker Sampai Hilangkan Bau Badan  naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Klorofil adalah zat hijau daun pada tumbuhan atau sayuran. Zat ini bisa dijadikan suplemen untuk dikonsumsi sehari-hari, karena manfaatnya yang sudah tidak diragukan lagi bagi kesehatan.

Pada tumbuhan, klorofil berfungsi untuk membantu fotosintesis, yaitu proses bagaimana tumbuhan menghasilkan makanan dan energi. Bagi kehidupan manusia, klorofil memiliki berbagai manfaat yang telah teruji klinis oleh para ahli.

Mencegah kanker

Dilansir dari WebMD, klorofil adalah zat yang memiliki sifat antimutagenik, yaitu zat yang dapat mencegah penyebaran gen penyebab kanker. Zat ini mampu menghambat reaksi pengikatan senyawa karsinogen atau penyebab kanker dengan DNA, sehingga pencegahan kanker dapat dioptimalkan sedini mungkin.

Menurunkan berat badan berlebih

Klorofil untuk diet? Masuk akal. Saat masuk ke dalam tubuh, zat hijau daun ini dapat mengikat racun serta logam yang ada di dalam tubuh, untuk dikeluarkan melalui feses atau urin.

Melalui enzim yang dapat memecah sel-sel lemak dan mengubahnya menjadi energi, kolesterol dalam tubuh manusia akan jauh lebih stabil, dan tidak menimbulkan pengendapan lemak penyebab obesitas.

Menstabilkan darah dalam tubuh

Manfaat klorofil lainnya adalah meningkatkan kualitas sel darah merah dan menstabilkan kondisi darah. Hal ini dikarenakan zat ini memiliki sifat yang sama seperti hemoglobin, pigmen merah dalam darah manusia.

Dengan demikian, talasemia, anemia, atau kanker darah pun bisa dicegah sedini mungkin.

Mengurangi bau badan

Zat ini juga dapat mengurangi bau badan secara alami dari dalam tubuh. Sebuah penelitian di Jepang menyimpulkan bahwa asupan klorofil yang cukup dalam waktu 3 minggu dapat mengurangi bau badan.

Mempercepat penyembuhan luka

Zat hijau ini juga memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri, sehingga sangat efektif untuk meredakan radang, luka terbuka, serta melawan infeksi bakteri yang terjadi pada kulit.

Mencegah bau mulut

Kandungan antibakteri dan antiinflamasi juga bisa mencegah munculnya bau tidak sedap pada mulut yang disebabkan oleh bakteri. Zat hijau daun mampu meluruhkan bakteri dan racun tersebut sehingga bau mulut akan hilang.

Menjaga kesehatan gusi

Gusi yang mudah berdarah dan bengkak adalah salah satu tanda bahwa ada bakteri yang berkumpul diantara gusi dan gigi. Penumpukkan bakteri di area ini pun akan lebih mudah dicegah, sehingga gusi berdarah akan lebih mudah diatasi.

Related

Health 4537940748581984

Recent

item