Ini yang Terjadi Saat Asteroid Menghantam Bumi, Jutaan Tahun Lalu

Ini yang Terjadi Saat Asteroid Menghantam Bumi, Jutaan Tahun Lalu, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Sekitar 66 juta tahun yang lalu, bumi pernah mengalami ‘kiamat,’ dimana asteroid besar menghantam dan melenyapkan seluruh spesies dinosaurus.

Pasca asteroid besar tersebut menghantam Bumi, sinar matahari terhalang masuk ke bumi karena tetesan sulfur yang berasal dari asteroid tersebut seakan membuat benteng di atmosfer bumi.

Suhu bumi secara global turun, hingga kehidupan dasar laut pun seluruhnya mati. Keadaan ini terjadi selama sekitar tiga tahun, dimana temperatur global di bumi lebih 26 derajat celcius, hingga berada di bawah titik beku.

Keadaan bumi menjadi lebih buruk, karena tidak ada cahaya matahari. Hal ini membuat bumi diselimuti es. Bahkan di daerah tropis, temperatur menurun dari rata-rata 27 derajat celcius menjadi hanya 5 derajat celcius.

Pendinginan dalam jangka waktu panjang ini disebabkan oleh aerosol sulfat. Hal inilah yang membuat dinosaurus punah, ekosistem mati, dan Bumi seakan-akan kiamat.

Saat aerosol sulfat hilang dari atmosfer bumi, satu per satu flora tumbuh secara perlahan dan membentuk ekosistem baru. Bumi membutuhkan waktu selama 30 tahun agar iklim kembali normal.

Related

Science 8158205505666525451

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item