Keluarga Tenaga Medis yang Gugur Saat Tangani Corona Akan Dapat Santunan Rp 300 Juta

Keluarga Tenaga Medis yang Gugur Saat Tangani Corona Akan Dapat Santunan Rp 300 Juta, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Pemerintah berencana menyantuni keluarga tenaga medis yang meninggal saat menangani pasien virus korona (covid-19). Masing-masing keluarga tenaga medis mendapatkan santunan Rp300 juta.

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut santunan diberikan tanpa melihat status tenaga medis tersebut. Keluarga dokter ataupun perawat yang gugur mendapatkan santunan yang sama dari pemerintah.

"Tidak membedakan spesialis, umum, atau perawat. Itu yang disediakan pemerintah," kata Mahfud dalam konferensi pers virtual.

Menurut dia, santunan diserahkan dalam waktu dekat. Dia mencatat ada beberapa penyebab tenaga medis berguguran dalam menjalankan tugasnya. Selain kekurangan alat pelindung diri (APD) saat awal covid-19 mewabah, tak sedikit tenaga medis kelelahan dan stres.

"Lalu ditumpangi oleh tertular, lalu terkena covid sehingga meninggal," sebut Mahfud.

Dia menyebutkan saat ini pemerintah tengah mendata tenaga medis yang gugur saat menjalankan tugas merawat pasien covid-19. Pendataan dilakukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Komite Penanganan Covid-19.

"Komite Gugus Tugas sama Kemenkes bekerja intensif mendata siapa saja yang gugur dan akan diberikan (Kamis) 13 Agustus 2020," ujar dia.

Related

News 4203191109670477126

Recent

item