Kisah Bencana Dahsyat di Bumi yang Terjadi Sebelum Dinosaurus

Kisah Bencana Dahsyat di Bumi yang Terjadi Sebelum Dinosaurus, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Dikenal di dunia sains Barat dengan nama “The Grat Dying”, fenomena ini adalah kepunahan massal terbesar dari kehidupan di bumi. Hal ini terjadi jutaan tahun sebelum adanya dinosaurus.

Hampir seperempat miliar tahun yang lalu, tepatnya pada akhir era Permian, 90 persen kehidupan di Bumi musnah karena bencana ini.

Hanya 4 persen dari kehidupan yang bertahan, dan itu pun merupakan ekosistem laut. Hal ini diyakini terjadi karena ‘banjir erupsi basal’ dari letusan supervulkanik di area Siberia.

Yang mengerikan, letusan ini tidak terjadi dari gunung, melainkan dari bukaan besar di Bumi, hasilnya letusan ini menyebar di area yang sangat luas.

Hal ini diyakini terjadi saat daratan bumi terdiri dari satu benua, yaitu Pangaea. Letusan tersebut mencakup area seluas tiga juta kilometer kubik, dan fenomena ini berlangsung selama jutaan tahun. Sehingga pada era ini, bumi diselimuti karbon dan sulfur dioksida yang sangat tinggi.

Related

Science 6834233374113259918

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item