Kisah Sapi-sapi Mahal untuk Kurban Idul Adha: Mandi 4 Kali Sehari, Tidur Beralas Karpet

Kisah Sapi-sapi Mahal untuk Kurban Idul Adha: Mandi 4 Kali Sehari, Tidur Beralas Karpet, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Sejumlah sapi tambun berharga fantastis mendapat fasilitas bak raja. Satu sapi dibeli Presiden Jokowi tidurnya sampai beralas karpet, satu sapi lain dimandikan empat kali sehari.

Mike Tyson, nama sapi seberat 1,05 ton yang dibeli Jokowi dari peternak asal Polewali Mandar, Sulawesi Barat, adalah contoh terbaik yang menggambarkan perlakuan istimewa untuk sapi.

Ternak pilihan presiden itu tidak sembarangan dirawat. Sekadar urusan tidur, Tyson begitu dimanja. Hingga waktu disembelih tiba, Tyson tidur beralas karpet seharga Rp2 juta. Sapi itu saat ini dirawat penjualnya, Abdul Rahim.

"Kalau pakai karpet, Tyson bisa tidur lebih nyenyak," kata Farid, anak Abdul Rahim.

Tyson juga dikawal “satpam” yang stand by 24 jam untuk menghalau pencuri. Aslinya tidak ada perintah dari Jokowi untuk memberi penjagaan intensif dan segala macam karpet tadi kepada sapi jenis Simmental berharga Rp85 juta itu. Hanya saja, Farid dan bapaknya merasa punya tanggung jawab atas keamanan sapi sebelum Tyson diangkut ke Mamuju, Sulawesi Barat untuk dikurbankan.

Servis luar biasa juga diberikan kepada sapi pembelian Jokowi di Desa Alatengae, Sulawesi Selatan. Haji Pacong, si pemilik sapi Simmental berbobot 971,5 kilogram seharga Rp65 juta tersebut, getol sekali menjaga kebersihan si sapi.

Meskipun kandang sapi dan higienis adalah dua hal bermusuhan, Pacong tetap mengusahakan yang terbaik dengan memandikan sapinya dua sampai empat kali sehari.

"Sangat istimewa. Saya mandi saja cuma sekali, kalau sapi ini mandinya dua kali sehari, kadang juga empat kali sehari untuk menjaga kebersihan badannya. Mandinya juga itu kita selalu gosok sampai bersih. Pokoknya lebih dari kita, lah," tutur Pacong yang sudah bertahun-tahun menjadi pedagang sapi langganan Jokowi dan Jusuf Kalla.

Bukan cuma mandi empat kali sehari, juga ada tim dokter hewan datang berkala untuk memantau kesehatan gigi, hidung, kaki, hingga gerak tubuh sapi.

"Hampir setiap hari juga dokter hewan datang periksa semuanya. Biar kotoran, juga diperiksa sama mereka. Katanya untuk memastikan tidak cacingan. Pokoknya perlakuannya istimewa, lah, karena memang untuk Pak Jokowi," tutup Pacong.

Idul Adha tahun ini, Jokowi, yang merayakannya di Bandung, memborong 11 ekor sapi di 10 provinsi. Untuk kurban di kampung halamannya, Surakarta, Jokowi membeli dua ekor sapi Simmental dari Boyolali seberat 1,4 ton dan 1,3 ton dengan harga total Rp171 juta. Di Palembang, Jokowi menebus sapi Ongole 1,1 ton dengan mahar Rp85 juta.

Total, Jokowi minimal menghabiskan Rp800 juta untuk berkurban di Idul Adha tahun ini. Rata-rata penjual mengaku bangga sapinya dibeli presiden. Bahkan ketahuan bakat Jokowi sebagai influencer siap terima endorse ketika seekor sapi bernama Rambo di Polewali Mandar langsung ditawar banyak orang karena tadinya sempat dilirik Jokowi, namun tidak jadi dibeli.

Sapi jenis Simmental, Limosin, dan Ongole yang berukuran jumbo memang jadi langganan kurban presiden Indonesia ataupun orang berkocek tebal. Idul Adha dua tahun lalu, Jokowi menyumbangkan sapi Limosin seberat 1,5 ton berharga Rp75 juta ke Masjid Istiqlal.

Menurut Purwanto, peternak sapi di Kampung Sapi Ngudi Makmur, Karanganyar, Jawa Tengah, sapi lain yang biasa dijadikan kurban adalah sapi Metal, sapi PO, dan sapi Brangus. Sapi Metal (tidak ada hubungannya dengan genre musik) memiliki harga di kisaran Rp20-40 juta, sapi PO dihargai Rp19-21 juta, dan sapi Brangus sekitar Rp26 juta.

"Sapi PO dan Metal yang paling banyak dipilih," ujar Purwanto.

Purwanto bilang, tidak ada perubahan harga menjelang Idul Adha meski permintaan selalu naik. Sementara di Majalengka, omzet peternak sapi bernama Sadikin mencapai 1 miliar di hari-hari jelang lebaran haji.

Related

News 8027145231217153303

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item