Mengapa Harga Rumah di Menteng Jakarta Sangat Mahal? Ini Penjelasan Ahli

Mengapa Harga Rumah di Menteng Jakarta Sangat Mahal? Ini Penjelasan Ahli

Naviri Magazine - Jakarta merupakan salah satu provinsi dengan indeks harga rumah (House Price Indeks) tertinggi di Indonesia. Keadaan itu membuat keinginan memiliki rumah di ibu kota, apalagi kalau kamu anak muda yang gajinya cuma beberapa tingkat di atas UMR, tak ubahnya ambisi yang muluk-muluk.

Dani Indra, Vice President Coldwell Banker, perusahaan properti dan real estate terkemuka, mengungkapkan perkembangan dunia properti, pada umumnya, ditentukan oleh tiga faktor. “Harga di pasar, pengembang, dan pemodal,” katanya.

Di Jakarta, menurut Dani, selain akses dan lokasi strategis, yang bikin harga properti melambung ialah faktor mapan atau tidaknya suatu kawasan. Dani mencontohkan kawasan Sudirman Business District Center (SCBD) yang dikenal sebagai pusat perkantoran elit. Ketika kawasan tersebut sudah mapan, Dani bilang, maka harga properti di sekelilingnya turut melonjak.

Sedangkan faktor kedua yaitu sejarah yang dimiliki kawasan bersangkutan. Inilah yang lantas jadi jawaban mengapa harga rumah atau properti di Menteng dikenal begitu mahal.

Anton Sitorus, Kepala Riset Savills Indonesia, konsultan properti, menjelaskan nilai historis yang dipunyai Menteng ialah kawasan ini jadi tempat tinggal para pejabat maupun tokoh-tokoh penting sejak zaman Belanda.

“Memang sudah jadi trademark-nya Menteng, ya, sebagai kawasan elit. Pasalnya, sejak zaman Belanda berkuasa, terlebih ketika Batavia jadi pusat pemerintahan, Menteng ini dipakai pejabat pemerintahan atau pebisnis kaya,” terangnya. “Itu berlanjut sampai pasca-kemerdekaan maupun sekarang.”

Tak hanya itu, representasi sisi historis Menteng juga dapat disimak kala sebagian ruang di kawasan Menteng, seperti di sekitar Taman Surapati, memperoleh status sebagai cagar budaya.

Dani menjelaskan, Menteng menempati posisi pertama kawasan dengan harga rumah tertinggi di Jakarta. Jauh di atas Kebayoran, Pondok Indah, Kelapa Gading, serta Pantai Indah Kapuk (PIK). Prinsipnya sederhana: manakala harga rumah di kawasan lain meningkat, Menteng juga ikut terdampak naik.

Related

Property 7345165774778612743

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item