Ratusan Ayam Peliharaan di Aceh Mati Mendadak, Penyebabnya Misterius

Ratusan Ayam Peliharaan di Aceh Mati Mendadak, Penyebabnya Misterius, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Ratusan ayam peliharaan warga di beberapa desa di Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat, mati mendadak sejak beberapa hari terakhir. Sejumlah peternak di daerah tersebut juga merasa resah.

"Kami kebingungan dengan fenomena ini, ayam peliharaan kami di kandang setiap pagi ditemukan mati mendadak. Padahal sehari sebelumnya ayam peliharaan warga baik-baik saja," kata Syairah, warga Desa Alue Raya, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat.

Dia menjelaskan ayam yang mati mendadak itu sebelumnya tidak menunjukkan gejala aneh atau pun gejala sakit. Namun keesokan harinya ayam-ayam tersebut ditemukan mati mendadak di dalam kandang dengan kondisi tubuh membiru dan bagian mulut yang mengeluarkan lendir.

Hal senada juga diungkapkan warga Desa Alue Raya, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat, Yuli. Dampak dari banyaknya ayam peliharaan yang mati mendadak tersebut menyebabkan masyarakat di daerah ini ramai-ramai menjual ayam peliharaan kepada agen penampung agar tidak rugi.

Yuli berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat segera menangani persoalan tersebut sehingga fenomena banyaknya ayam yang mati mendadak dapat segera tertangani.

"Tidak ada pilihan lain selain menjual ayam, daripada kami harus menanggung kerugian," jelas Yuli.

Related

News 6232664379634427597

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item