Rizal Ramli Sebut Ekonomi Indonesia Sekarang Sudah Parah, Ini Sebabnya

Rizal Ramli Sebut Ekonomi Indonesia Sekarang Sudah Parah, Ini Sebabnya, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Ekonom senior, Rizal Ramli, menyebut kondisi ekonomi saat ini lebih parah ketimbang krisis yang terjadi sebelumnya. Menurut dia, krisis saat ini yang diperparah dengan kondisi pandemi COVID-19 telah memukul banyak sektor.

Mantan menteri koordinator Bidang Kemaritiman itu membandingkan, krisis pada saat itu, aktivitas ekonomi masih bergeliat khususnya di luar Pulau Jawa.

"Secara ekonomi, ini seperti krisis '98 plus, plus, plus. Sebab '98, yang terpukul yang besar-besar. Di daerah-daerah pada saat rupiah jatuh dari Rp3 ribu ke Rp15 ribu, di daerah (masih) ramai ekspor cokelat, vanili," kata Rizal dalam keterangannya.

Mantan menteri koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri di era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini, melihat kondisi Indonesia ketika menghadapi krisis tidak sekuat seperti dulu. Salah satu indikatornya adalah soal nilai ekspor yang belum memuaskan.

"Dengan cara penanganan yang amatiran, dengan kelemahan kepemimpinan dan visi, bisa-bisa krisis ini akan lama lagi. Bisa satu setengah tahun. Saya yakin rakyat tidak siap," tutur Rizal.

Satu-satunya cara menyelamatkan ekonomi Indonesia saat ini, kata Rizal, dengan meningkatkan daya beli masyarakat. Ia memberi contoh, saat dirinya menjabat, diminta Gus Dur untuk menaikkan gaji aparatur sipil negara, TNI- Polri, dan juga pensiunan.

"Begitu mereka ada uang, dia belanja semua. Akibatnya sektor retail hidup, ekonomi hidup," paparnya.

Related

News 4882061539009596822

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item