Seluk-beluk Tahun Baru Islam dan Bulan Muharram yang Perlu Kita Tahu

Seluk-beluk Tahun Baru Islam dan Bulan Muharram yang Perlu Kita Tahu, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Tahun Baru Islam 1442 Hijriah dimulai pada 1 Muharram bertepatan dengan Kamis, 20 Agustus 2020. Umat Islam dapat menjadikan momen tahun baru Islam untuk menambah keimanan dan ketakwaan, serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Terdapat sejumlah keutamaan, doa, dan ibadah puasa sunah yang dapat dilakukan untuk menyambut tahun baru Islam di bulan Muharram.

Adapun seluk-beluk tahun baru Islam mulai dari penanda awal dimulainya tahun Hijriah, sistem penanggalan hingga, amalan yang bisa dikerjakan umat muslim.

Sejarah Tahun Baru Islam

Sejarah tahun Hijriah dimulai saat masa Khalifah Umar bin Khattab. Saat itu, banyak orang yang mengeluhkan tentang penanggalan yang sering kali tidak konsisten. Sebelum kalender Hijriah terbentuk, umat Islam menggunakan sejumlah peristiwa penting sebagai penanda waktu seperti tahun Gajah dan tahun kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Umar bin Khattab lalu membuat sistem penanggalan Islam yang dimulai dari tahun saat Nabi Muhammad SAW hijrah atau pindah dari Mekkah ke Madinah. Ini lah yang menjadi asal nama Hijriah. Tahun pertama Hijriah merupakan tahun saat Rasulullah Hijrah, yakni pada 622 Masehi.

Sistem penanggalan Tahun Hijriah

Sistem penanggalan tahun Hijriah berdasarkan pada siklus bulan mengelilingi bumi. Lama waktu bulan mengelilingi bumi sama dengan satu bulan dalam kalender Hijriah. Dalam setahun bulan mengelilingi bumi sebanyak 12 kali yang berarti terdapat 12 bulan dalam kalender Hijriah.

12 Bulan kalender Hijriah

Kalender Hijriah terdiri dari 12 bulan yang berjumlah 354 hari. Berikut 12 bulan Hijriah secara berurutan adalah Muharram, Safar, Rabi'ul Awal, Rabi'ul Akhir, Jumadil Awal, Jumadil Akhir, Rajab, Sya'ban, Ramadan, Syawal, Dzulkaidah, dan Dzulhijjah.

Doa akhir dan awal tahun

Pada akhir dan awal tahun baru Islam, umat Islam dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT. Doa akhir tahun dibaca saat setelah masuk waktu Ashar pada hari terakhir di bulan Dzulhijjah. Sedangkan doa awal tahun dibaca saat setelah masuk waktu Magrib di hari yang sama atau malam 1 Muharram.

Berikut doa akhir tahun

Doa akhir tahun dalam kitab Maslakul Akhyar karya Sayyid Ustman bin Yahya atau Mufti Betawi, dikutip dari situs resmi Nadhlatul Ulama.

“Allâhumma mâ 'amiltu min 'amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî 'anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ 'alayya bi fadhlika ba'da qudratika 'alâ 'uqûbatî, wa da'autanî ilat taubati min ba'di jarâ'atî 'alâ ma'shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ 'amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa'attanî 'alaihits tsawâba, fa'as'alu ka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha' rajâ'î minka yâ karîm.”

Artinya:

Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu, sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat, sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu.

Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.

Doa awal tahun

Doa awal tahun dalam kitab Maslakul Akhyar karya Sayyid Ustman bin Yahya atau Mufti Betawi.

“Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa 'alâ fadhlikal 'azhîmi wa karîmi jûdikal mu'awwal. Hâdzâ 'âmun jadîdun qad aqbal. As'alukal 'ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ'ih, wal 'auna 'alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû'I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.”

Artinya:

Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini.

Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.

Puasa sunah Bulan Muharram

Pada bulan Muharram, umat Islam disunahkan banyak berpuasa. Puasa di bulan Muharram merupakan puasa yang utama setelah puasa di bulan Ramadan. Terdapat beberapa puasa sunah di bulan Muharram 1442 Hijriah/2020.

1. Puasa Tasu'a 9 Muharram: 28 Agustus

Berikut niat puasa Tasu'a.

Nawaitu shauma ghadin 'an adaa'i sunnatit Tasuu'aa lillaahi ta'aalaa

Aku berniat puasa sunah Tasu'a karena Allah SWT

2. Puasa Asyura 10 Muharram: 29 Agustus

Berikut niat puasa Asyura

Nawaitu shauma ghadin 'an adaa'i sunnatil aasyuuraa lillaahi ta'aalaa

Aku berniat puasa sunah Asyura karena Allah SWT.

3. Puasa Ayyamul Bidh 13-15 Muharram: 1-3 September

Berikut niat puasa Ayyamul Bidh

Nawaitu shauma ayyami bidh sunnatal Lillaahi Ta'aalaa

Aku berniat puasa sunah Ayyamul Bidh karena Allah SWT

4. Puasa Senin Kamis

Berikut niat puasa Senin

Nawaitu shauma yaumal itsnaini sunnatan lillaahi ta'aalaa.

Saya niat puasa hari Senin, sunah karena Allah SWT

Berikut niat puasa Kamis:

Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillaahi ta'aalaa.

Saya niat puasa hari Kamis, sunah karena Allah SWT

Hukum puasa 1 Muharram

Puasa pada tanggal 1 Muharram boleh dilakukan dengan niat karena Allah Ta'ala. Pada bulan Muharram, disunahkan untuk memperbanyak puasa sunah.

"Asalkan tidak ada niat mengkhususkan tanggal 1 Muharram dengan meyakini keistimewaannya dibanding hari-hari yang sesudahnya, maka tidak ada dalil sahih yang menyunahkannya. Yang disunahkan adalah memperbanyak puasa pada bulan Muharram," kata KH Wahyul Afif Al-Ghafiqi.

Keutamaan Bulan Muharram

- Satu dari empat bulan haram atau bulan suci

- Syahrullah atau bulan Alllah SWT

- Ibadah puasa yang paling utama setelah puasa Ramadan

- Terdapat puasa sunah Tasu'a dan, puasa Asyura pada 9 dan 10 Muharram yang dapat menghapus dosa setahun yang lalu

- Bulan dilarang berbuat zalim dan menganiaya diri sendiri

Amalan Bulan Muharram

- Doa akhir dan awal tahun baru Islam

- Muhasabah atau introspeksi diri dengan bertobat dan memperbaiki diri

- Puasa sunah Tasu'a

- Puasa sunah Asyura

- Menyenangkan keluarga

Related

News 7546927172172590968

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item