Shiva Impact, Bencana yang Memusnahkan Semua Binatang Purba

Shiva Impact, Bencana yang Memusnahkan Semua Binatang Purba, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Meski banyak ilmuwan yang percaya jika kepunahan dinosaurus disebabkan tragedi Chicxulub, namun baru-baru ini muncul sebuah hipotesis baru. Hipotesis ini menjabarkan bahwa sebenarnya ada dua asteroid yang menabrak Bumi.

Asteroid pertama berukuran 10 kilometer, dan dikenal sebagai Chicxulub. Sedangkan yang kedua dinamakan Shiva Impact, dan terjadi tiga ratus tahun setelah Chicxulub. Ukuran asteroidnya juga jauh lebih besar, yakni 40 kilometer.

Berkat ukurannya yang besar, tubrukan asteroid ini berhasil menciptakan kawah seluas 480 kilometer di barat garis pantai India. Kawah tersebut dinamakan Shiva Crater, yang diambil dari nama dewa kehancuran dalam agama Hindu.

Keberadaan hipotesis baru ini membawa pemahaman baru mengenai kepunahan dinosaurus di akhir Periode Kapur. Meski begitu, hipotesis Shiva Impact menuai kritik tajam dari sebagian besar ilmuwan. Mereka lebih mempercayai hipotesis Chicxulub sebagai penyebab punahnya binatang purba.

Related

Science 8929901033736708405

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item