Tak Terduga, Ternyata Kuda Biasa Tidur Sambil Berdiri

Tak Terduga, Ternyata Kuda Biasa Tidur Sambil Berdiri, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Kebanyakan kuda selalu tidur dalam posisi berdiri. Bahkan banyak kuda yang terus berdiri—tidak pernah berbaring—hingga satu bulan atau lebih.

Kuda mampu tidur sambil berdiri, karena tubuhnya memiliki sistem untuk saling mengunci di antara ligamen-ligamen dan tulang-tulang kaki mereka, sehingga kaki mereka berada dalam posisi yang tepat selama tidur. Karenanya, kuda pun tidak khawatir terjatuh ketika mereka sedang tidur sambil berdiri.

Mengapa kuda tidur sambil berdiri? Setidaknya ada dua alasan. Pertama, meski memiliki tubuh yang berat, namun tulang kuda relatif rapuh. Berbaring dengan satu posisi dalam waktu lama bisa menyebabkan kejang otot. Bagi kuda, tidur dalam posisi berdiri jauh lebih baik daripada berbaring.

Kedua, di alam liar, kuda harus mempertahankan diri dari kemungkinan serangan musuh. Cara utama kuda dalam mempertahankan diri adalah lari dengan cepat dari hewan predator.

Karenanya, mereka lebih aman sewaktu sedang berdiri, karena memudahkan mereka untuk berlari ketika ada serangan mendadak, daripada jika mereka berbaring santai.

Related

Science 6505056050212381963

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item