Tips Pintar Memasak Daging Kambing: Bebas Alot dan Tidak Prengus

Tips Pintar Memasak Daging Kambing: Bebas Alot dan Tidak Prengus, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Daging kambing memang memiliki aroma yang kuat. Aroma khas kambing ini dikenal dengan bau prengus.

Tak dimungkiri, menghilangkan aroma prengus memang gampang-gampang susah. Meski demikian ada beberapa cara dan trik untuk menghilangkan aroma daging kambing yang prengus ini.

"Untuk menghilangkan bau kambing bisa gunakan beberapa rempah seperti jahe, pala, dan kayu manis," ucap Lediana, pemilik Warung Sate dan Sop Betawi Bu Eti.

"Silsilah awal kambing bisa berbau prengus adalah karena orang yang memotongnya kurang ahli. Ini yang menyebabkan kambing yang sudah dasarnya bau jadi makin bau."

Selain itu dia juga menambahkan, ketika membuat sop kambing, daging kambing boleh dicuci namun harus langsung dimasak dan direbus dalam air yang sudah mendidih.

"Masak 10 menit, nanti akan ada buih-buih cokelat yang keluar, ini yang harus diambil dan dibuang."

Untuk membuat sop kambing, bagian yang disarankan adalah bagian dengkul kaki kambing karena mengandung banyak sumsum yang gurih.

Untuk membuat sate, Ledi menyarankan untuk memilih daging bagian paha belakang karena tak terlalu banyak urat. Daging ini diiris miring sehingga bisa menyerap bumbu dengan baik.

Tips 

Berikut beberapa tips untuk membantu menghilangkan bau kambing dalam masakan Anda di hari Iduladha dan membuatnya jadi lebih empuk.

"Hindari stres pada hewan yang dikurbankan, lakukan sembelihan dengan ihsan. Setelah benar-benar mati, utamakan memisahkan kepala dan kaki terlebih dahulu karena prengus terkuat berada pada wilayah itu. Selanjutnya sesuaikan dengan keinginan, sebagian masyarakat ada yang suka dagingnya dibakar tipis terlebih dahulu baru diolah untuk jenis masakan lainnya," tulis akun Durrahni melalui akun Facebook.

"Sebelum memasak, dikasih jeruk nipis atau lemon, cuka juga bisa selama 5 sampai 10 menit, dijamin baunya hilang," tulis akun Mutiara Hati.

"Pilih kambing muda. Kalau pun sudah di atas lima bulan, cari yang betina," saran dari akun @missHOTRODqueen.

"Rendam dengan air panas lalu beri parutan nanas," tulis @ary_h7.

"Asam jawa mix jeruk nipis," tulis @zainul_muh97.

Related

Tips 2623033048049026717

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item