Twitter Peringatkan Kebocoran DM, Pemakai Twitter Perlu Waspada

Twitter Peringatkan Kebocoran DM, Pemakai Twitter Perlu Waspada, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Twitter mengalami masalah kebocoran direct message (DM). Media sosial itu pun memperingatkan sejumlah pengguna terkait celah keamanan di aplikasi Twitter dalam sistem operasi 8 (Oreo) dan 9 (Pie).

Dari peringatan yang didapat media, Twitter mengatakan baru saja menemukan masalah keamanan di Android 8 dan 9 yang akan berdampak bagi penggunanya. Twitter mengatakan sebagian besar pengguna telah memperbarui aplikasi Twitter untuk Android yang telah menambal kerentanan itu.

Akan tetapi, Twitter mengatakan sekitar 4 persen pengguna masih menggunakan versi lama aplikasi Twitter yang rentan terhadap celah keamanan. Pengguna akan diberi tahu untuk memperbarui aplikasi sesegera mungkin.

Dilansir dari TechCrunch, banyak pengguna mulai memperhatikan pemberitahuan pop-up dalam aplikasi yang memberi tahu mereka tentang masalah keamanan itu.

Di sisi lain, Twitter mengatakan bug keamanan kemungkinan telah terjadi kebocoran bagi pengguna aplikasi Android, tetapi Twitter mengungkap bahwa tidak ada bukti bahwa kerentanan itu pernah dieksploitasi pihak ketiga.

Bug tersebut bisa saja memungkinkan aplikasi Android berbahaya menyedot DM pengguna yang disimpan di aplikasi Twitter dengan melewati izin akses data di Android.

Namun, Twitter mengatakan bahwa bug tersebut, yang ditambal pada Oktober 2018, hanya berfungsi di Android 8 (Oreo) dan Android 9 (Pie), dan sejak itu telah diperbaiki.

Seorang juru bicara Twitter mengatakan kepada TechCrunch bahwa bug tersebut dilaporkan oleh peneliti keamanan beberapa minggu alu.

"Sejak itu, kami telah bekerja untuk menjaga keamanan akun. Sekarang masalah telah diperbaiki, kami memberi tahu orang-orang," kata jubir Twitter.

Dilansir dari BBC, Twitter mengatakan siapa pun yang terkena dampak dari celah ini akan mendapatkan pemberitahuan dalam aplikasi untuk memberikan langkah rekomendasi pencegahan.

"Kami tidak memiliki bukti bahwa kerentanan ini dimanfaatkan oleh penyerang," tambahnya.

Masalah keamanan ini muncul setelah Twitter terkena serangan peretas yang meretas akun-akun sosok terkenal. Akun-akun itu menyebarkan penipuan mata uang kripto yang berjanji untuk menggandakan uang.

Related

News 45143391792359565

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item