Viral Pria di Garut Minum Segelas Darah Sapi: Jangan Ditiru, Ini Bahayanya

Viral Pria di Garut Minum Segelas Darah Sapi: Jangan Ditiru, Ini Bahayanya naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Baru-baru ini, seorang pria tua di Garut membuat heboh. Dia meminum segelas darah sapi segar yang baru saja disembelih saat Idul Adha.

Aksi nekatnya terekam kamera warga. Videonya pun tersebar di media sosial dan jadi perbincangan banyak warga Garut. Kejadian ini berlangsung Jumat kemarin, saat proses penyembelihan hewan kurban. "Itu di daerah saya. Kejadiannya kemarin," katanya saat dihubungi.

"Nggak benar ya (nggak ada manfaat bagi kesehatan), secara agama juga tidak boleh, secara medis juga nggak bisa," jelas Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD- KGEH, MMB.

Prof Ari menegaskan, aksi nekat ini bisa menimbulkan beragam penyakit. Sebab, darah sapi segar tersebut tidak bisa dipastikan steril.

"Darah sapi itu tentu tidak steril. Artinya justru bisa macam-macam infeksi ada dalam darah itu," lanjut Prof Ari.

"Darah sapi itu kan kita belum tahu ada apa saja di sana, bisa mengandung bakteri, bisa mengandung virus, bisa mengandung berbagai macam penyakit," kata Prof Ari.

Jika mengandung bakteri, orang yang nekat meminum darah sapi bisa saja terkena diare. Apalagi, jika sapi terpapar virus, Prof Ari menilai orang tersebut bisa ikut terinfeksi virus.

Prof Ari juga menekankan, selama ini tidak ada pengobatan yang menganjurkan meminum darah sapi langsung. Terlebih jika sengaja meminumnya untuk mendapat beragam manfaat kesehatan.

Related

News 625765005505535402

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item