Ahok Sebut Percetakan Uang RI Minta Rp 500 Miliar ke Pertamina

Ahok Sebut Percetakan Uang RI Minta Rp 500 Miliar ke Pertamina

Naviri Magazine - Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama atau yang biasa disapa Ahok menyebut PT Percetakan Uang Republik Indonesia (Persero) atau Perum Peruri meminta uang Rp 500 miliar ke perseroan.

Dia bercerita, permintaan BUMN percetakan uang itu terkait proses paperless yang tengah dibangun Pertamina. Salah satunya proses tanda tangan tidak perlu lagi dilakukan secara fisik, tapi migrasi ke digital.

"Sekarang saya lagi paksakan tanda tangan digital, tapi Peruri masa minta Rp 500 miliar untuk proses paperless di kantor Pertamina. Itu BUMN juga, sama aja udah dapat Pertamina enggak mau kerja lagi setahun? Mau jadi ular sanca, ular piton?" kata dia dalam video yang diunggah akun POIN di YouTube.

Dikonfirmasi maksud ucapannya dalam video tersebut, Ahok hanya menjawab singkat. "Dengar sendiri saja," kata dia.

Sementara Direktur Utama Perum Peruri Dwina Septiani Widjaja tidak membalas konfirmasi media. Begitu pun Sekretaris Perusahaan Peruri Adi Sunardi. 

Sedangkan Juru Bicara Kementerian BUMN Arya Sinulingga berpendapat, kerja sama yang dilakukan Peruri dan Pertamina dilakukan secara bisnis. Jadi, seharusnya Peruri sudah menawarkan harga terbaik ke Pertamina.

"Mengenai Peruri itu business to business, silakan ditawar saja yang terbaik buat Pertamina. Peruri juga pasti sudah menghitung biaya yang terbaik, yang mereka tawarkan ke Pertamina," ujar Arya.

Berdasarkan catatan, belum lama ini Pertamina dan Peruri mengadakan kerja sama. Dalam rilis resmi Pertamina yang diterima media pada 10 Agustus 2020, perseroan menggandeng Peruri untuk pemanfaatan sertifikat elektronik, solusi digital, kode security hingga tanda tangan elektronik untuk meningkatkan keamanan transaksi elektronik dan layanan keamanan digital lainnya.

Komitmen ini tertuang dalam MoU antara PT Pertamina (Persero) dengan Perum Peruri yang ditandatangani langsung oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati dan Direktur Utama Perum Peruri, Dwina Septiani, di Jakarta.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan, untuk menjalankan aktivitas perusahaan yang lebih baik, perlu transformasi organisasi dengan tata kelola yang baik (Good Corporate Governance), termasuk insan Pertamina yang menjalankannya. 

“Faktor utama keberhasilan transformasi adalah integritas dari seluruh pekerja,” tegas Nicke.

Ruang lingkup nota kesepahaman meliputi pemanfaatan produk dan layanan Peruri Code, Peruri Sign, dan Peruri Trust.

Peruri Code merupakan kode unik yang diproduksi sistem Peruri pada label sekuriti dokumen dan atau media lainnya untuk menyimpan informasi publik dan privat di dalamnya. Peruri Code memiliki peranan penting untuk penjaminan keaslian (authentication), kontrol distribusi (supply chain), dan penjaga brand image.

Peruri Sign merupakan platform yang dimiliki Peruri untuk menjamin kerahasiaan data (confidentiality), melindungi integritas isi dokumen (data integrity), menjamin keaslian data (authentication) dan jaminan nirsangkal (non-repudiation) dari suatu dokumen elektronik sehingga dapat diketahui keabsahan dan keasliannya.

Peruri Trust merupakan platform digital Peruri yang memanfaatkan produk Peruri Code dan atau Peruri Sign untuk dapat melakukan fungsi pengawasan atau end-to-end real time monitoring.

Penandatanganan MoU antara Pertamina dengan Perum Peruri sejalan dengan program restrukturisasi Pertamina untuk melakukan transformasi berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada stakeholder, terutama masyarakat, dalam penyediaan energi nasional.

Related

News 2640348722856865826

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item