Apakah Ada Makhluk Cerdas Selain Manusia di Alam Semesta?

Apakah Ada Makhluk Cerdas Selain Manusia di Alam Semesta?

Naviri Magazine - Pada tahun 1960, astronom Frank Drake membuat teori Drake menetapkan harapan adanya peradaban cerdas yang mungkin ada di alam semesta. Memperhitungkan dari jumlah bintang dari sebuah galaksi, jumlah planet yang mendukung kehidupan dan lainnya.

Mengingat alam semesta dan waktu yang sudah berlalu, dan sudah berumur miliaran tahun, mungkin ada kehidupan cerdas lainm bahkan ada jutaan peradaban cerdas di luar sana.

Menjadi pertanyaan, apakah manusia pernah berkomunikasi dengan alien? Ini tidak bisa dijawab, dan tertutup dengan teori paradoks Fermi. Walau besar kemungkinan adanya peradaban modern seperti manusia, sejauh ini kita tidak pernah melihat atau mendengar dengan pasti keberadaan mereka.

Untuk teknologi saat ini, kemampuan manusia masih sangat terbatas. Untuk terbang ke sebuah bintang terdekat, setidaknya membutuhkan waktu ratusan sampai ribuan tahun. Walau jaraknya hanya 4 tahun cahaya. Mendengar mereka sama saja mendengar sinyal radio, yang kelambatannya sama seperti cahaya. Butuh ribuan bahkan jutaan tahun untuk mendengar peradaban alien.

Related

Science 8302500869875112364

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item