Bagaimana Pelaku Kejahatan Siber Bisa Tahu Nomor Ponsel Korban?

Bagaimana Pelaku Kejahatan Siber Bisa Tahu Nomor Ponsel Korban?

Naviri Magazine - Penipuan dengan meminta One Time Password atau OTP kerap terjadi. Namun saat ini timbul pertanyaan bagaimana cara pelaku kejahatan siber bisa tahu nomor ponsel atau alamat email korban untuk melancarkan aksinya.

Wakil Ketua Asosiasi Telepon Seluler Indonesia (ATSI), Merza Fachys, bilang ada rumor yang mengatakan jika nomor-nomor ponsel itu diberikan oleh operator seluler.

"(Operator seluler) Sering mendapat tudingan kalau data-data nomor Hp ini berasal dari kami. Di sini saya katakan tidak harus," kata dia.

Ia juga mengatakan selama seseorang menggunakan ponsel pasti ada saat di mana menyerahkan nomor ponsel secara resmi atau tidak.

Misalnya, lanjut Merza, mulai dari check-in pesawat atau saat memindai barcode di pusat perbelanjaan. Itu semua membutuhkan nomor ponsel pengguna.

Ia menuturkan bahwa permintaan untuk menyertakan nomor ponsel hingga email memang tidak bisa dihindari pada saat ini. Sebab, jika tidak dilakukan maka akan menyulitkan aktivitas masyarakat.

"Kemudian, muncullah kenapa lalu dari pemegang data pribadi kita bisa bocor ke orang luar. Itu pertanyaan yang lain," paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Pakar Digital Forensik, Ruby Alamsyah, mengatakan pelaku dapat mengetahui OTP (One Time Password) seseorang dengan cara acak atau random.

Ia menjelaskan pelaku kejahatan siber tidak harus mendapatkan nomor-nomor ponsel calon korban dengan cara ilegal, misalnya dari kebocoran atau membeli data pribadi. Namun bisa juga dengan sederhana melakukan percobaan atau memprediksi nomor ponsel tersebut.

"Jadi, kenapa orang atau pejabat tertentu yang nomor pribadinya tidak diketahui kalangan banyak mestinya. Kenapa tiba-tiba bisa menerima SMS kriminal. Pelaku dengan mudah melakukan tembak nomor," ungkap Ruby.

Related

Technology 281995038702310132

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item