Demi Kesehatan Warga, Kota di California Larang Penjualan Junk Food di Kasir Supermarket

Demi Kesehatan Warga, Kota di California Larang Penjualan Junk Food di Kasir Supermarket

Naviri Magazine - Kebijakan unik demi kesehatan masyarakat dikeluarkan di sebuah kota di California Utara, Amerika Serikat (AS). Dewan Kota Berkeley melarang penjualan junk food termasuk berbagai camilan manis dan asin di lorong kasir supermarket.

Berkeley menjadi kota pertama di AS yang memberlakukan kebijakan ini. Anggota Dewan Kota Berkeley dengan suara bulat mengeluarkan undang-undang untuk mempromosikan makanan yang lebih sehat, dengan melarang produk dengan lebih dari 5 gram gula tambahan atau 250 mg natrium di kasir.

Minuman tinggi gula dan pemanis buatan juga akan dibatasi. 

"Tata cara pemeriksaan yang sehat ini sangat penting untuk kesehatan masyarakat, terutama pada saat COVID-19," kata anggota dewan, Kate Harrison, dilansir AFP.

"Apa yang baik untuk (kesehatan) masyarakat Berkeley juga baik untuk bisnis kita," imbuhnya.

Harrison mengatakan, peraturan tersebut dibuat karena selama ini makanan dengan harga murah dan tidak sehat kerap mendominasi tampilan kasir. 

"Pembeli lebih cenderung melakukan pembelian impulsif dan di mana orang tua akan berdebat dengan anak-anak mereka atas permintaan untuk membeli camilan," jelasnya.

Larangan itu akan diterapkan di 25 supermarket besar di kota berpenduduk sekitar 120 ribu orang ini mulai Maret 2021 mendatang.

Pemerintah Berkeley selama ini memiliki berbagai kebijakan kesehatan yang baik dan menjadi perintis kebijakan kesehatan di California maupun AS.

Pada 2014 diberlakukan pajak untuk minuman ringan yang kemudian diadopsi beberapa kota besar AS lainnya. Pada tahun lalu, penduduk Berkeley mampu mengurangi konsumsi minuman ringan.

Related

News 1887189278656590401

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item