Fakta Dinosaurus, Kadal Mengerikan yang Menguasai Bumi di Masa Lalu

 Fakta Dinosaurus, Kadal Mengerikan yang Menguasai Bumi di Masa Lalu

Naviri Magazine - Dinosaurus adalah reptil raksasa yang hidup pada zaman prasejarah. Arti kata dinosaurus adalah “kadal yang mengerikan”.

Dinosaurus pertama kali muncul pada Zaman Triasic, sekitar 230 juta tahun yang lalu, dan merupakan vertebrata (hewan bertulang belakang) dominan selama 135 juta tahun, yang dimulai sejak Zaman Jurassic (sekitar 201 juta tahun yang lalu) hingga berakhirnya Zaman Kapur atau Cretacious (65 juta tahun yang lalu), dan kemudian musnah akibat jatuhnya meteor dan perubahan iklim ekstrem akibat meteor.

Sama halnya dengan hewan zaman sekarang, dinosaurus juga dibedakan menjadi karnivora (pemakan daging), herbivora (pemakan tumbuhan), omnivora (pemakan daging dan tumbuhan). Beberapa jenis dinosaurus yang cukup terkenal di dunia yaitu Tyrannosaurus Rex (T-Rex), Stegosaurus, Triceratops, Brachiosaurus, Ankylosaurus, Diplodocus, Spinosarus, dll.

Dinosaurus memang sangat menarik, bahkan banyak yang telah mendokumentasikan bahkan membuat film bertema dinosaurus, contohnya Jurassic Park dan Jurassic World.

Related

Science 1642750665680471889

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item