Film 'The Social Dilemma' Bikin Orang Tinggalkan Facebook dan Instagram, Kenapa?

Film 'The Social Dilemma' Bikin Orang Tinggalkan Facebook dan Instagram, Kenapa?

Naviri Magazine - Pengguna media sosial sedang dilema terkait apakah mereka harus memiliki akun di platform seperti Facebook dan Instagram, setelah drama dokumenter baru berjudul "The Social Dilemma" rilis di Netflix ramai jadi perbincangan di jagad maya.

Film berdurasi 90 menit itu, yang berfokus pada dampak kelemahan utama pada kontrol sosial yang tidak ada pada platform sosial media. Film ini menampilkan wawancara dengan "wistle blower" di Silicon Valley yang dulu bekerja di perusahaan seperti Google dan Facebook.

Dalam banyak hal, mereka membunyikan peringatan pada aplikasi yang mereka buat sendiri. Salah satu mantan eksekutif Facebook, Tim Kendall, yang diwawancara tentang apa yang paling membuatnya khawatir, dia berkata: "Dalam waktu singkat, saya paling khawatir tentang perang saudara."

Ironisnya, media sosial dibanjiri oleh orang-orang yang mengatakan bahwa mereka berencana untuk menghapus akun media sosial mereka setelah menonton acara tersebut, dengan Facebook dan Instagram tampaknya paling sering disebut.

"Setiap orang harus menonton film dokumenter The Social Dilemma di Netflix dan kemudian membuat perubahan yang diperlukan," tulis seorang pengguna Twitter.

"Malam ini saya menghapus Facebook dan mematikan notifikasi dari Twitter, Instagram dan LinkedIn. Saatnya mengambil kembali kendali atas pikiran kita," imbuhnya.

Pengguna Twitter lain berkata, "Baru saja menonton ini dan segera menghapus #Facebook dan #Instagram.

Surat Kabar The Independent menobatkan film ini sebagai peringkat ke-5 acara yang paling banyak ditonton di Netflix di Inggris pada hari Jumat dan dipuji sebagai "film dokumenter paling penting di zaman kita.

"The Social Dilemma" menyoroti bagaimana perusahaan teknologi mempengaruhi pemilihan nasional, "mengikuti" miliaran orang di internet untuk menayangkan iklan bertarget kepada mereka, dan menghadirkan fitur yang mendorong kecanduan.

Facebook, yang juga memiliki Instagram, menolak berkomentar ketika ditanya apakah mereka mengkhawatirkan reaksi pengguna potensial.

Sebaliknya, perusahaan yang bermarkas besar di California itu merilis beberapa pengumuman tentang keselamatan dan kesehatan mental. Misalnya, awal bulan ini, pada Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia, diumumkan bahwa mereka membuat "Panduan Kesehatan Instagram" baru dan meluncurkan "dukungan krisis" melalui obrolan.

Tahun lalu, Facebook merilis filter Cerita "Mari Bicara" di Facebook dan Messenger, yang dirancang sebagai undangan bagi teman-teman yang mungkin kesulitan untuk mencari dukungan melalui Messenger.

Analis teknologi Benedict Evans, mantan mitra di perusahaan ventura Andreessen Horowitz, mengatakan bahwa dia pikir itu akan memiliki "efek nol" pada orang-orang pengguna Facebook dan Instagram.

"Saya pikir itu lucu betapa manipulatif dan menyesatkannya," ujarnya lagi.

Kepala eksekutif Fanbytes, sebuah perusahaan yang membantu merek beriklan melalui video sosial, Timothy Armoo, mengatakan bahwa kebanyakan orang sudah mengetahui banyak hal yang dibahas dalam acara tersebut.

"Mungkin orang tua melihatnya dan berpikir dua kali. Terutama orang tua. Tapi Gen Z dan milenial menurut saya tidak akan terlalu peduli," katanya.

Raksasa teknologi, yang telah melewati badai besar di masa lalu, menghadapi peningkatan pengawasan dari regulator dan penggunanya. Gerakan "Hapus Facebook", misalnya, telah ada selama bertahun-tahun dan beberapa media telah menulis panduan instruksi untuk membantu orang melakukannya. Tapi keuntungan Facebook terus tumbuh dari kuartal ke kuartal, tahun demi tahun.

Pada tahun 2019, Netflix meluncurkan serangan lain di Silicon Valley dengan film dokumenter berjudul "The Great Hack", yang berfokus pada skandal data Cambridge-Analytica Facebook.

Related

News 8576848504573279521

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item