Ilmuwan Temukan Ada Kehidupan Alien di Planet Venus, Ini Buktinya

Ilmuwan Temukan Ada Kehidupan Alien di Planet Venus, Ini Buktinya

Naviri Magazine - Penelitian terbaru soal antariksa menemukan fakta baru. Bahwa kemungkinan ada makhluk hidup seperti Alien di Planet Venus.

Ini terjadi pascapeneliti menemukan atmosfer Venus mengandung jejak gas fosfin. Di Planet Bumi, ini dikaitkan dengan keberadaan organisme hidup.

Penelitian dilakukan tim ahli dengan menggunakan teleskop di Hawaii, AS, dan Gurun Atacama, Chile, untuk mengamati 60 kilometer (45 mil) permukaan Venus. Mikroba mungkin jadi penghuni planet tetangga itu.

"Saya sangat terkejut - sebenarnya," kata astronom Jane Greaves dari Universitas Cardiff di Wales, penulis utama penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Astronomy dikutip Reuters.

"Dengan apa yang saat ini kita ketahui tentang Venus, penjelasan yang paling masuk akal untuk fosfin- walaupun kedengarannya fantastis-adalah (ada) kehidupan," kata peneliti lain, ahli astrofisika molekuler Institut Teknologi Massachusetts dan rekan penulis studi Clara Sousa-Silva.

"Jika itu fosfin dan jika itu kehidupan, berarti kita tidak sendiri. Itu juga berarti bahwa kehidupan itu sendiri pasti sangat umum, dan pasti ada banyak planet berpenghuni lain di seluruh galaksi kita," katanya lagi.

Walau demikian peneliti menegaskan harus ada penelitian lanjutan. Keberadaan fosfin saja tak serta merta membuktikan secara valid kalau ada kehidupan di Venus.

Kondisi di Venus sering digambarkan sebagai 'neraka' dengan suhu siang hari yang cukup panas. Bahkan atmosfer terdiri dari karbon dioksida.

Venus berputar dengan kondisi berlawanan dari Bumi. Di mana sehari bisa berlangsung 243 kali lebih lama.

Dalam penelitian sebelumnya Venus juga disebut memiliki gunung berapi aktif. Termasuk tanda-tanda aliran lava dalam riset baru-baru ini.

Related

Science 4211185472832483321

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item