Ini Buku Bisnis Terbaik Versi Bill Gates dan Warren Buffet

Ini Buku Bisnis Terbaik Versi Bill Gates dan Warren Buffet

Naviri Magazine - Sebuah cerita menarik perhatian kita, dan ketika menyampaikan soal ekonomi yang terus berkembang, mendongeng adalah sarana pengiriman pesan yang bijaksana. Cerita memanfaatkan keingintahuan bawaan kita akan perilaku manusia.

Jadi, ketika pengusahaBill Gates bertemu Warren Buffett untuk pertama kalinya pada tahun 1991 dan bertanya kepadanya apa buku favoritnya, tidak mengherankan jika rekomendasi Buffett adalah sebuah kumpulan cerita.

“Saya akan meminjamkan Anda salinan saya,” kata Buffett seperti dilansir  Entrepreneur. Hal itu disampaikan Buffet, dalam sebuah posting blog yang ditulis 20 tahun kemudian. Bill Gates bercanda bahwa dia masih memiliki bukunya seandainya Buffett menginginkannya kembali.

Pemilik Berkshire Hathaway Warren Buffett, menjadi orang terkaya keempat di dunia versi Forbes. Pria berusia 89 tahun itu memiliki 60 perusahaan dan sejumlah restoran. REUTERS/Scott Morgan

Buku yang memikat dua raksasa bisnis itu adalah kumpulan cerita dari kontributor di New Yorker, John Brooks, berjudul "Business Adventures: Twelve Classic Tales from the World of Wall Street."

Business Adventures menceritakan selusin cerita dari perdagangan pertengahan abad ke-20 dengan gaya yang membosankan dan didorong oleh karakter; ini sebenarnya adalah kumpulan cerita dari terbitan The New Yorker sebelumnya.

Dan jika kita melihat konten blockbuster baru-baru ini yang dibuat dalam beberapa dekade terakhir dan berfokus pada bisnis - Succession, Mad Men, dan Shark Tank - inti yang umum adalah penyampaian cerita yang efektif.

Itu karena cerita memicu emosi, dan penelitian telah menunjukkan bahwa emosi menanamkan ingatan lebih dalam di benak kita. Jika Anda ingin pesan Anda melekat, manfaatkan psikologi dan pancing emosi dengan cara tertentu.

Tidak heran kenapa Gates dan Buffett menyukai buku-buku ini. Ini tentang bisnis, tetapi disampaikan melalui cerita. Seperti yang dijelaskan Gates dalam sebuah posting blog, banyak detail bisnis telah berubah, tetapi fundamentalnya belum.

Berikut adalah beberapa cerita dari Business Adventures yang paling populer:

- Inovasi Xerox, di mana perusahaan mendanai penelitian Ethernet secara ekstensif pada tahun 1970-an, yang justru membuka pintu bagi perusahaan lain untuk maju ke depan dan memanfaatkan peluang.

- Peluncuran Ford Edsel, kisah tentang ketepatan waktu penelitian pelanggan, pentingnya kualitas produk, dan perubahan keinginan pasar.

- Perdagangan orang dalam (insider trading), yang berbagi cerita tentang bagaimana undang-undang perdagangan orang dalam menjadi lebih ketat ditegakkan setelah terungkapnya korupsi di Texas Gulf Sulphur pada 1959 di tengah melonjaknya keuntungan investor.

Mempertajam kecerdasan bisnis Anda tidak harus menjadi urusan yang membosankan. Lihatlah apa yang pernah dilalui oleh organisasi atau industri sebelumnya dan Anda akan menemukan cerita tentang kondisi manusia menjadi denominator yang sama - dan informasi yang dapat Anda gunakan untuk mencapai keunggulan kompetitif Anda sendiri.

Related

News 6584869921199229097

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item