Ini Hal-hal yang Akan Terjadi, Saat Kiamat Hampir Datang ke Bumi

Ini Hal-hal yang Akan Terjadi, Saat Kiamat Hampir Datang ke Bumi

Naviri Magazine - Alam dunia adalah salah satu fase kehidupan yang dilalui manusia, suatu saat nanti dunia akan berakhir dan manusia berpindah ke fase kehidupan berikutnya, yaitu alam akhirat. Akhir kehidupan dunia inilah yang disebut kiamat.

Kiamat pasti tiba, kepastian terjadinya ditetapkan oleh dalil-dalil al-Qur`an dalam jumlah yang besar. Di antara dalil-dalil tersebut adalah firman Allah:

“Dan sesungguhnya Hari Kiamat pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur.” (Al-Hajj: 7).

“Sesungguhnya Hari Kiamat pasti akan datang, tidak ada keraguan tentangnya, akan tetapi kebanyakan manusia tiada beriman.” (Ghafir: 59).

“Telah dekat datangnya saat itu dan telah terbelah bulan.” (Al-Qamar: 1).

Dari sunnah Nabi saw, di antaranya sabda beliau, “Aku diutus, sedangkan aku dan Hari Kiamat adalah seperti ini,’ beliau menyandingkan jari telunjuk dan jari tengah.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Meskipun Kiamat pasti terjadi, akan tetapi Allah merahasiakan waktunya. Dia tidak berkenan memberitahukan kepada seorang pun, tidak kepada nabi yang diutus, tidak kepada malaikat yang dekat. Jadi ilmu tentangnya mutlak di tangan Allah semata.

Dalil yang menetapkan hal itu di antaranya:

Firman Allah: “Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat, ‘Bilakah terjadinya?’ Katakanlah, ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat ada pada sisi Tuhanku, tidak seorang pun dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) di langit dan di bumi. Kiamat tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba.’ Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah, ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang Hari Kiamat ada di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.’” (Al-A’raf: 187).

“Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya pengetahuan tentang Hari Kiamat.” (Luqman: 34).

“Manusia bertanya kepadamu tentang Hari Berbangkit. Katakanlah, ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang Hari Berbangkit hanya di sisi Allah.’ Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi Hari Berbangkit sudah dekat waktunya.” (Al-Ahzab: 63).

Dalam Shahih al-Bukhari dan Muslim, ketika Jibril datang kepada Nabi saw dan bertanya tentang kapan Kiamat, Nabi saw menjawab, “Yang ditanya tentang Hari Kiamat tidak lebih mengetahui dari yang bertanya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Walaupun Allah merahasiakan kapan terjadinya Kiamat, tetapi tidak dengan tanda-tandanya. Dia berkenan memberitahukan kepada Nabi saw, lalu beliau menyampaikan kepada kita. Imam al-Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Nabi saw bersabda:

“Kiamat tidak terjadi hingga ada dua kelompok besar bertikai yang memakan korban besar, seruan keduanya satu, dan hingga muncul para Dajjal pembual besar mendekati 30, semuanya mengaku sebagai rasul Allah, dan sehingga ilmu diangkat, gempa terjadi dalam jumlah besar, zaman menjadi dekat, fitnah besar muncul dan pembunuhan merajalela, sehingga harta melimpah di kalangan kalian, ia melimpah hingga pemilik harta mencari-cari siapa yang menerima sedekahnya, dan sehingga dia menawarkannya, dan orang yang ditawari berkata, ‘Aku tidak memerlukannya,’ sehingga manusia berlomba-lomba meninggikan bangunan, dan sehingga seseorang melewati kubur orang lain dan dia berkata, ‘Seandainya aku yang menggantikannya’.”

Dari berbagai tanda-tanda hari kiamat seperti yang telah dipaparkan di atas, baik tanda-tanda kiamat besar maupun tanda-tanda kiamat kecil, kita semua bisa menilai, apakah sekarang tanda-tanda tersebut sudah kita rasakan. Jika faktanya memang begitu, berarti kiamat sudah dekat.

Related

Moslem World 431126719423781828

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item