Jaga Kesehatan Mental, Ini Durasi ‘Me Time’ yang Pas Menurut Pakar

Jaga Kesehatan Mental, Ini Durasi ‘Me Time’ yang Pas Menurut Pakar

Naviri Magazine - Psikolog dan konsultan kesehatan mental Anastasia Satrio mengatakan waktu untuk diri sendiri harus dimiliki oleh setiap orang, terlebih di masa pandemi. Me time berguna untuk membuat pikiran tetap tenang dan segar.

Me time atau waktu untuk diri sendiri sangat dibutuhkan oleh setiap orang untuk menjaga kesehatan mental. Namun, durasi terbaiknya tidak lebih dari 30 menit.

"Kadang-kadang, 5-10 menit atau 15 menit itu bisa menambah kewarasan untuk mengerjakan banyak hal lain atau nemenin anak," ujar Anastasia.

Yang harus digarisbawahi, lamanya me time tidak boleh lebih dari 30 menit. Menurut Anastasia, untuk membuat pikiran rileks, hanya membutuhkan waktu kurang dari setengah jam setiap hari.

"Me time itu penting banget tapi lihat durasinya. Kalau kayak lihatin tanaman sampai 5 jam dan enggak ngerjain hal lain dan enggak bertanggung jawab buat yang lain jadinya selfish," katanya.

"Buat kesehatan mental kita butuh 30 menit setiap hari, itu lebih penting daripada dirapel sebulan jadi sejam. Kalau di rumah me time bisa lihat tanaman, minum teh, atau dekor-dekor," ujar Anastasia.

Sementara itu, Anastasia mengatakan penting bagi orangtua untuk memiliki mental yang sehat sebab jika pikiran selalu tegang dan bercabang akan berimbas pada anak.

"Penting banget kita dulu sebagai orang dewasa bisa manage ourself baru main sama anak, kalau enggak kita bisa kelepasan ke anak, kasihan anaknya," kata Anastasia.

Related

Psychology 6924892578765819403

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item