Kisah Kehidupan Pria yang Menciptakan Tokoh Terkenal Wonder Woman (Bagian 2)

Kisah Kehidupan Pria yang Menciptakan Tokoh Terkenal Wonder Woman, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Kisah Kehidupan Pria yang Menciptakan Tokoh Terkenal Wonder Woman - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Kisah cinta segitiga ini bertambah semakin rumit ketika Marjorie Wilkes Huntley, selir kedua Marston, mulai terlibat dalam penciptaan Wonder Woman. Mereka berempat kerap menyambangi pertemuan di apartemen Carolyn, tante Marston yang juga seorang hippie aneh.

Pertemuan ini kerap membahas peran mereka masing-masing dalam keluarga. Topik favorit Marston, submission, juga sering dibahas. Ketertarikannya terhadap bondage tercermin dalam komik-komik awal Wonder Woman. Medium yang digunakan tidak selalu sama—tali, borgol, tentakel—tapi hanya dengan cara diikat inilah Wonder Woman bisa dihentikan.

Salah satu kelemahan Wonder Woman adalah ketika gelang emasnya diikat oleh laki-laki. Ini disebut "Hukum Aphrodite" dan menguatkan kepercayaan Marston bahwa kepasrahan merupakan faktor penting yang membuat hubungan romantis sukses. Sayangnya, ini tidak sesuai dengan imej Wonder Woman sebagai prajurit perempuan yang independen.

Dalam setengah milenium, Moulston meramal akan terjadi pertempuran antar gender. Sementara dalam 1.000 tahun, dia yakin perempuan akan menguasai Bumi.

Adegan Wonder Woman diikat atau dirantai dalam buku komik berhubungan dengan ilustrasi pamflet pro-kontrasepsi yang dibagikan secara ilegal oleh Ibu dan tante Bryne.

Rantai adalah simbol pergerakan hak perempuan di masa itu—banyak aktivis perempuan merantai diri mereka sendiri ke pagar Gedung Putih untuk menarik perhatian Presiden AS, Woodrow Wilson di 1917.

Rantai juga kerap muncul dalam kolom kartun politik karya Lou Rogers. Dia kerap menggambar perempuan yang sedang dirantai sebagai simbol penindasan. Illustrasinya yang bertajuk "Tearing Off the Bonds" di 1912 sering ditampilkan berdampingan dengan sketsa awal Wonder Woman dan terlihat sangat mirip.

Saat diwawancarai Harvard Club di 1937, Marston mengatakan bahwa kebangkitan matriarki tidak terelakkan, dan akan menguasai Amerika di 2937.

"Dalam 100 tahun ke depan, kita akan menyaksikan awal kebangkitan matriarki di AS—penuh perempuan kuat secara psikologis, bukan fisik," jelasnya. "500 tahun lagi, akan ada pertempuran gender besar-besaran. Seribu tahun lagi, perempuan akan menguasai Amerika Serikat."

Tidak heran Marston akhirnya menciptakan Paradise Island, rumah dari kaum Amazon dan Wonder Woman. Pulau ini bebas dari laki-laki, penuh tanaman hijau dan tentunya damai.

Di 1940, semua ide Marston mulai bersatu padu. Dia diperkerjakan sebagai konsultan di Detective Comics (DC) berkat artikel Family Circle yang menarik perhatian penerbit, Maxwell Charles Gaines.

Gaines memberi Marston izin untuk menguji coba karakter baru, Wonder Woman di All-Star Comics di 1941.

Saat itu, dia dianggap sebagai distraksi dari plot utama keadilan masyarakat AS, tapi penampilannya yang menarik perhatian menjadi sangat populer dan tidak lama kemudian Wonder Woman dibuatkan serinya sendiri. Ciri khas dan senjata karakter Wonder Woman merupakan hasil jerih payah Marston, Bryne dan Holloway bersama-sama yang dibangun selama enam tahun.

Di 1947, kanker kulit mengambil nyawa Marston. Setelah itu, karakter Wonder Woman justru mengalami banyak kemunduran. Dia kelewat sayang dengan karakter lelaki Steve Trevor, melepaskan banyak kekuatannya, bahkan sampai membuka bisnis butik.

Namun sama seperti kaum feminis gelombang pertama yang membantu pembentukan karakter Wonder Woman, feminis gelombang kedua membantu Wonder Woman keluar dari karakter buku komiknya yang semakin tidak karuan.

Berkat Gloria Steinem dan editor Majalah Ms., karakter Wonder Woman kembali ke jalur yang benar di dekade 70-an—karakter yang diciptakan oleh seorang lelaki aneh, istri-istrinya, dan sederetan perempuan bohemian yang lantang dan vokal dalam hidupnya.

Related

Figures 1706392740903688334

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item