Kisah Zeza, Siswa SD yang Jualan Susu demi Beli HP untuk Belajar Online

Kisah Zeza, Siswa SD yang Jualan Susu demi Beli HP untuk Belajar Online

Naviri Magazine - Perjuangan Muhamad Zeza Ramadhan (12), siswa kelas 6 SD Negeri 3 Cepu, Blora ini patut diacungi jempol. Zeza setiap pagi berjualan susu segar seharga Rp 2.000 per bungkus agar bisa membeli smartphone untuk belajar online.

"Sudah jualan sejak Juni lalu, Mas. Saya ingin membeli HP buat belajar online. Ibu yang buat susu, saya yang jualan. Karena ayah kerja di laut mencari cumi di Merauke," ujar Zeza saat ditemui di tempat mangkalnya di Tuk Buntung Cepu.

Zeza merupakan anak pertama pasangan Nurul (38) dan Tedi (42), warga Sidodadi RT 3 RW 16 Kelurahan Cepu, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Zeza mengaku sejak belajar di rumah karena pandemi COVID-19, dia mengerjakan tugas sekolah menggunakan lembar kerja siswa dan tidak menggunakan smartphone.

"Saya belajar dengan mengisi LKS," ujarnya dengan sedikit malu.

Setiap hari, Zeza yang juga mempunyai adik usia 5 tahun ini berangkat dari rumahnya sekira pukul 6.00 WIB dan pulang pukul 10.00 WIB. Ia mangkal dan menjajakan susu segar rasa cokelat, stroberi dan vanila buatan ibunya. Uang hasil jualan susu kemudian dia berikan ke ibu untuk disimpan.

"Kadang saya bawa 24 bungkus susu dan habis. Biasanya dapat uang Rp 48 ribu. Uangnya saya berikan ibu," ungkapnya.

Dengan cekatan dan tanpa canggung, sesekali Zeza melayani pelanggannya. Dengan modal sepeda ontel yang di depannya dipasang keranjang dan bagian boncengan diberi busa berbentuk kotak sebagai tempat es, setiap pagi Zeza mangkal tidak jauh dari rumah dinas Administratur Perhutani KPH Cepu.

Terpisah, Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Cepu, Tarmidi, menjelaskan mayoritas siswa SDN 3 Cepu memiliki smartphone untuk belajar di rumah dengan sistem daring. Tapi juga ada yang belajar luring.

"Saat pandemi ini, siswa belajar di rumah dengan sistem daring dan luring. Untuk daring bisa dengan virtual ataupun video call," ujar Tarmidi.

Related

News 5249832669667152364

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item