Menurut Hasil Penelitian, Makanan Manis Justru Sebabkan Tubuh Lelah

Menurut Hasil Penelitian, Makanan Manis Justru Sebabkan Tubuh Lelah,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Saat tubuh terasa lelah dan lemas, yang ada dalam pikiran kita pasti mengudap makanan atau minuman manis. Selama ini, mitos menyakinkan kita bahwa mengonsumsi makanan atau minuman manis mempu memberi energi dan menghilangkan rasa lelah.

Faktanya, riset membuktikan hal sebaliknya. Dari penelitian terungkap, mengonsumsi gula justru membuat kita lebih lelah. Peneliti menemukan, orang yang mengonsumsi makanan manis merasa lebih lelah satu jam usai mengonsumsi makanan atau minuman manis.

Selain itu, mereka yang mengonsumsi camilan manis juga merasa kurang waspada secara mental. Banyak orang percaya, makanan manis seperti es krim dapat meningkatkan suasana hati. Nyatanya, ilmuwan dalam riset ini membuktikan, makanan manis sama sekali tak mempengaruhi suasana hati.

Riset yang telah diterbitkan dalam Neuroscience & Behavioral Review ini dilakukan dengan menganalisis data dari 1.300 orang dewasa yang berpartisipasi dalam 31 studi berbeda. Dari temuan ini, peneliti berharap mitos mengenai manfaat makanan manis ini dapat mendorong orang untuk menemukan sumber energi lain.

"Temuan kami sangat jelas menunjukkan klaim seperti itu tidak terbukti benar - jika ada, gula mungkin akan membuat kamu merasa lebih buruk." Demikian diungkapkan Konstantinos Mantantzis, salah satu peneliti.

Lalu, bagaimana cara membangkitkan energi dalam tubuh? Spesialis nutrisi Valerie Goldstein mengatakan, mengonsumsi protein, lemak, dan karbohidrat adalah cara terbaik untuk menjaga asupan energi dalam tubuh. Menurut Goldstein, makanan yang seimbang membuat kita tetap berenergi sepanjang hari.

Kita bisa mengonsumsi makanan berupa oatmeal dengan yogurt, telur rebus atau kerang yang kaya vitamin B12.

"B12 diperlukan untuk metabolisme energi dan tubuh tidak dapat membuatnya sendiri," kata Goldstein. 

Goldstein juga mengatakan, vitamin adalah komponen penting untuk mengubah makanan yang kita konsumsi agar menjadi energi. Selain itu, kopi juga bisa memberi energi dan meningkatkan kewaspadaan. Namun, agar mendapatkan manfaat dengan maksimal, jangan tambahkan gula saat mengonsumsinya.

Related

Health 207083786761721476

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item