Misteri Lubang Hitam di Alam Semesta yang Belum Terjawab Ilmuwan

Misteri Lubang Hitam di Alam Semesta yang Belum Terjawab Ilmuwan

Naviri Magazine - Lubang hitam atau black hole masih menjadi pertanyaan besar dari para astronom. Tidak perlu melihat sebuah supermasive black hole yang ada di tengah galaksi. Bila sebuah black hole berukuran kecil saja melintas di dekat tata surya kita, mungkin benda tersebut akan luput dari penglihatan teleskop milik manusia.

Apa isi black hole atau ada apa di dalam lubang hitam, masih belum terjawab. Lubang hitam memiliki inti singularitas, seperti bumi memiliki benda padat seperti tanah, magma, dan lautan.

Tetapi di sana terbentuk dengan warna hitam yang sangat padat. Isinya tidak pernah bisa dilihat, karena tidak memiliki cahaya (sumber cahaya seperti bintang), bahkan apa pun akan diserap dan ditarik oleh lubang hitam.

Di luar bagian black hole disebut singularitas, sebagai cakrawala atau horizon, batas antara kekuatan gravitasi black hole yang mulai tertarik gravitasi tanpa bisa terlepas.

Ketika seseorang dapat mendekati bagian cakrawala, apa yang lewat di sana akan berbelok jatuh, mengarah ke lubang hitam. Termasuk cahaya ikut berbelok dan lenyap, karena cahaya tidak dapat melintas di sekitar cakrawala black hole.

Tapi pertanyaannya, apa lubang hitam itu sebenarnya? Ilmuwan hanya bisa menjawab, di sana (black hole) ada benda yang padat tapi tidak terlihat. Ukurannya tidak pernah diketahui, mungkin saja jauh lebih kecil dari perkiraan.

Related

Science 4133895752160017220

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item