Pariwisata Global Merugi 460 Miliar Dolar Akibat Wabah Covid-19

Pariwisata Global Merugi 460 Miliar Dolar Akibat Wabah Covid-19

Naviri Magazine - Akibat pandemi Covid-19, kunjungan turis internasional menurun secara global sebesar 65 persen atau 440 juta orang selama paruh pertama tahun ini.

Menurut Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO) situsi menurun itu terjadi  ketika negara-negara menutup perbatasan mereka dan memberlakukan pembatasan perjalanan untuk membendung penyebaran virus. Akibatnya, pendapatan pariwisata internasional turun sebesar USD460 miliar pada Januari-Juni.

Angka tersebut sekitar lima kali lipat dari kerugian pariwisata internasional pada tahun 2009, ketika dunia tengah menghadapi krisis ekonomi dan keuangan.

Seperti dilansir Anadolu Agency, dalam laporan terbaru UNWTO, Asia dan Pasifik adalah kawasan pertama dan yang paling terdampak Covid-19, yang mengalami penurunan turis sebanyak 72 persen dalam periode enam bulan.

Eropa berada di urutan kedua dengan penurunan kedatangan wisatawan sebesar 66 persen, Amerika (55 persen), dan Afrika dan Timur Tengah (57 persen).

UNWTO juga melaporkan bahwa 53 persen destinasi telah mengurangi pembatasan perjalanan sejak awal September.

Sekretaris Jenderal UNWTO Zurab Pololikashvili menekankan perlunya koordinasi antara pemerintah dan sektor swasta untuk menggerakkan kembali pariwisata global.

Related

News 8992923191484889910

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item