Pengusaha Indonesia: Resesi Tak Bisa Dihindari, Asal Jangan Krisis Ekonomi

Pengusaha Indonesia: Resesi Tak Bisa Dihindari, Asal Jangan Krisis Ekonomi, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Asosiasi Pengusaha Indonesia atau Apindo menilai Indonesia tak mungkin bisa menghindari resesi. Pada kuartal I/2020 sebenarnya pertumbuhan ekonomi sudah minus dibandingkan triwulan IV/2019.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II/2020 juga mengalami kontraksi sebesar 5,32 persen. “Triwulan III ini juga akan negatif. Tapi ini harus dipertahankan. Kami mendorong agar tidak terjadi krisis ekonomi,” kata Ketua Bidang Kebijakan Publik Apindo Sutrisno Iwantono pada diskusi virtual.

Sutrisno menjelaskan bahwa resesi tidak menjadi masalah besar. Alasannya semua negara mengalaminya. Akan tetapi, dia berharap jangan sampai terjadi krisis ekonomi.

“Kalau krisis membuat ekonomi anjlok luar biasa. Ini yang harus ditolong untuk jangka pendek,” katanya.

Upaya terdekat inilah menurut Sutrisno dibutuhkan oleh semua pelaku usaha dari mikro sampai besar. Pemerintah harus bisa membuat mereka bernafas panjang.

Yang paling utama dilakukan adalah meningkatkan daya beli masyarakat. Apabila tidak bisa dilakukan, roda ekonomi tidak bisa bergerak.

Stimulus yang diberikan pemerintah saat ini baginya masih kecil. Sekitar 5 persen dari produk domestik bruto (PDB). Padahal banyak negara mengalokasinya sampai 20 persen.

Yang jadi masalah, selain kecil realisasinya terlambat. Tidak mencapai sepertiga dari total anggaran yang disiapkan. Inilah yang membuat daya beli lambat.

“Meski begitu, saya optimistis akhir tahun akan ada perbaikan. Kan anggaran harus dihabiskan. Tapi karena terburu-buru bisa jadi tidak akan efektif dan tidak tepat sasaran. Saya harap proses realisasi anggaran disegerakan dilakukan,” ucap Sutrisno.

Related

News 3358625160539076479

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item