Perlu Tahu, Pelaku Perjalanan di Indonesia Tetap Wajib Tes Covid-19

Perlu Tahu, Pelaku Perjalanan di Indonesia Tetap Wajib Tes Covid-19, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Pelaku perjalanan domestik, baik darat, laut, maupun udara, tetap wajib mengantongi surat keterangan tes covid-19. Hasil rapid test dan maupun polymerase chain reaction (PCR) menjadi syarat mutlak penumpang angkutan orang.

"Jadi tidak benar benar bahwa surat keterangan rapid test dan PCR ditiadakan," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis, 10 September 2020.

Surat Edaran (SE) Menteri Kesehatan NO HK.02.01/MENKES/382/2020 dan SE Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 9 Tahun 2020 masih berlaku. Regulasi tersebut menjelaskan protokol dan standar operasi prosedur (SOP) yang wajib diikuti pelaku perjalanan dan bisnis transportasi.

"Terbitnya surat tersebut sebagai panduan bagi petugas yang berwenang dalam melakukan pengawasan terhadap pelaku perjalanan dalam negeri di bandar udara dan pelabuhan," ujar Yurianto.

Pengawasan kelengkapan syarat penumpang dilakukan dinas kesehatan tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Surat itu juga menjadi panduan sektor terkait dan masyarakat dalam rangka menuju masyarakat produktif dan aman dari penularan covid-19.

Surat keterangan hasil pemeriksaan RT-PCR negatif atau rapid test antigen/antibodi nonreaktif berlaku paling lama 14 hari sejak diterbitkan. Masyarakat juga wajib menerapkan protokol pencegahan dan pengendalian covid-19 kendati berstatus negatif atau nonreaktif.

Health Alert Card (HAC) juga tetap berlaku untuk penumpang perjalanan. HAC wajib diisi pelaku perjalanan sesuai pasal 36 UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

HAC diisi secara manual maupun secara digital dengan mengunduh electronic HAC (eHAC). HAC dipantau oleh dinas kesehatan setempat.

Related

News 449095226698141064

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item