Pesona Jalan Tol Kayangan Dieng, Melintang di Ketinggian Langit

Pesona Jalan Tol Kayangan Dieng, Melintang di Ketinggian Langit

Naviri Magazine - Dataran tinggi Dieng dikenal kental dengan warisan budaya hingga sederet fenomena alam. Seperti adanya kawah, candi, fenomena embun es sampai tradisi cukur rambut gimbal.

Namun kini, bagi traveler yang berlibur ke dataran tinggi Dieng, tidak ada salahnya menyempatkan untuk menyusuri jalan tembus Banjarnegara - Batang. Atau lebih dikenal dengan sebutan 'tol kayangan'.

Julukan 'tol kayangan' ini bukan tanpa alasan. Sebab, traveler akan disuguhi pemandangan indah selama menyusuri jalan antar kabupaten tersebut.

Di sisi kanan dan kiri jalan, traveler akan melihat lembah hingga pegunungan yang membentang hijau. Seperti Gunung Sipandu, Gunung Gundul dan pegunungan lain di dataran tinggi Dieng.

Dalam waktu tertentu, jalan yang berada di ketinggian 1700 mdpl ini akan diselimuti kabut tebal. Selain itu, traveler juga bisa menikmati terbit dan tenggelamnya matahari di waktu pagi dan sore hari.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara, Agung Yusianto mengatakan, tol kayangan ini masih berada di dataran tinggi Dieng. Lokasinya sekitar 5 kilometer dari komplek Candi Arjuna di Desa Dieng Kulon.

"Lokasinya tidak begitu jauh, kurang lebih 5 kilometer dari komplek Candi Arjuna," kata Agung saat.

Tol Kayangan ini merupakan jalan antar kabupaten, yakni Banjarnegara - Batang. Jalan ini mulai bisa dilewati awal tahun 2020, setelah Pemkab Banjarnegara dan Batang membangun jalan tembus tersebut.

"Jalan tembus ini dicor oleh Pemkab Banjarnegara dan Batang. Karena sebagian masuk wilayah Banjarnegara dan sebagian lagi Batang. Dan pembangunan selesai akhir 2019 sehingga baru bisa dilewati awal tahun ini," jelasnya.

Selain menjadi alternatif kunjungan wisata di dataran tinggi Dieng, dengan adanya Tol Kayangan ia berharap akan memudahkan wisatawan yang berasal dari daerah Pantura. Hanya, Agung mengimbau untuk tetap waspada lantaran banyak tanjakan ekstrem.

"Untuk wisatawan dari Pantura termasuk dari Jakarta bisa lewat jalur Batang ini. Tetapi tetap waspada karena ada beberapa tanjakan yang cukup ekstrim," imbaunya.

Supriyanto, pengelola spot selfie di Tol Kayangan mengatakan, pengendara akan disuguhi pemandangan indah sepanjang 2 kilometer. Baik yang ada di Kabupaten Banjarnegara maupun Batang.

"Panjang tol kayangan ini dengan pemandangan bagus kurang lebih 2 kilometer. Kalau pas akhir pekan biasanya penuh, banyak yang datang ke sini," terangnya.

Traveler yang ingin berwisata naik kendaraan ke Dieng mungkin bisa mempertimbangkan untuk lewat Tol Kayangan ini jika datang dari arah Batang.

Related

Traveling 8349019531229810663

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item