Studi: Pekerja Perempuan Lebih Rentan Kena PHK saat Pandemi Corona

Studi: Pekerja Perempuan Lebih Rentan Kena PHK saat Pandemi Corona

Naviri Magazine - Hasil riset The SMERU Research Institute menyatakan pekerja perempuan lebih rentan kehilangan pekerjaan di tengah pandemi virus corona atau covid-19. Kehilangan pekerjaan bisa berupa dirumahkan hingga menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Krisis akibat pandemi covid-19 berpotensi makin menekan tingkat partisipasi kerja perempuan," ungkap riset tersebut.

Riset menjelaskan potensi pekerja perempuan kehilangan pekerjaan cukup besar karena mereka mendominasi porsi kerja di sektor usaha penyedia akomodasi, makanan, dan minuman. Sementara, sektor usaha tersebut merupakan salah satu sektor yang rentan kehilangan pekerjaan di era corona.

Sektor penyedia akomodasi, makanan, dan minum rentan karena pertumbuhannya negatif pada kuartal I 2020. Hasil riset mencatat pertumbuhan sektor ini minus 3,54 persen pada tiga bulan pertama tahun ini.

Padahal, sektor ini menempati posisi keempat sebagai usaha yang banyak menyerap tenaga kerja di Indonesia. Porsinya mencapai 6,69 persen dari total pekerja di Indonesia.

Serapan pekerja sektor ini kalah dari pertanian, kehutanan, dan perikanan sebesar 27,46 persen, perdagangan 19 persen, serta industri pengolahan 14,88 persen dari total jumlah pekerja di Tanah Air.

Selain dari sektor penyedia akomodasi, makanan, dan minuman, pekerja perempuan juga rentan kehilangan pekerjaan di sektor jasa lainnya. Tercatat, sektor usaha ini juga tumbuh negatif 1,19 persen pada kuartal I 2020.

Sementara itu, porsi serapan tenaga kerja dari sektor ini berkisar 4,09 persen dari total pekerja nasional.

"Porsi perempuan yang bekerja di sektor jasa lainnya dan penyedia akomodasi, makanan dan minuman lebih besar daripada laki-laki, sehingga peluang perempuan di-PHK atau dirumahkan pun cukup besar," tulis riset.

Secara keseluruhan, hasil riset menyatakan pekerja yang rentan kehilangan pekerjaan berasal dari enam sektor usaha di tengah pandemi corona. Enam sektor tersebut, yaitu penyedia akomodasi serta makanan dan minuman, perdagangan, transportasi dan pergudangan,  konstruksi, industri pengolahan, serta jasa lainnya.

Related

News 2724410896020607457

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item