Subsidi Rp 600 Ribu Sudah Cair, Ini Panduan Bijak Membelanjakannya

Subsidi Rp 600 Ribu Sudah Cair, Ini Panduan Bijak Membelanjakannya, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Penerima subsidi gaji sebesar Rp600 per bulan bisa mengalokasikan dananya sebagai modal usaha produktif. Tambahan pemasukan akan sangat bermanfaat selama menghadapi penanganan pandemi covid-19 yang lebih lama.

Perencana Keuangan Zelts Consulting Ahmad Gozali menyebut bahwa penerima bantuan yang sebelumnya sudah punya ide usaha akan sangat diuntungkan. Dana subsidi gaji yang dicairkan dua kali Rp1,2 juta dalam empat bulan bisa dialokasikan sebagai modal awal.

"Kalau sudah punya ide usaha malah akan lebih baik lagi karena bisa tetap mendorong perekonomian nasional juga perekonomian pribadi," kata Ahmad.

Dalam situasi pandemi covid-19, usaha yang digerakkan secara daring atau online akan sangat potensial untuk dipilih. Meski keuntungan kecil, setidaknya akan sangat berarti ketimbang dihabiskan sekaligus untuk berbelanja di sektor konsumtif.

"Bisa dijadikan modal untuk usaha rumahan atau jualan online. Menjadi reseller atau agen untuk jualan pakaian, frozen food dan lain-lain bisa dimulai dengan angka ratusan ribu sampai Rp1 juta," ungkapnya.

Memanfaatkan peralatan yang tersedia di rumah juga akan sangat berguna. Apabila butuh contoh ide usaha, sarana media sosial jadi pilihan terbaik melihat tata cara pembuatan produk yang ingin dijadikan bisnis sampingan.

Ide bisnis tersebut bisa dipasarkan kepada lingkungan terdekat lebih dahulu. Selanjutnya, penawaran bisa diperluas saat kualitas yang konsisten didukung kuantitas produksi yang telah diperbanyak.

"Mulai usaha makanan di rumah juga sudah cukup dengan modal awal Rp1 juta," ujarnya.

Related

Tips 5202219558014885774

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item