Tanpa Sadar, Orangtua Kerap Melakukan Hal yang Disangka Baik Padahal Jadi Racun bagi Anak

Tanpa Sadar, Orangtua Kerap Melakukan Hal yang Disangka Baik Padahal Jadi Racun bagi Anak

Naviri Magazine - Pernah mendengar istilah toxic parents? Mungkin kata toxic parents belum begitu lekat di telinga Anda. Istilah toxic parents tidak hanya berlaku untuk orangtua yang memiliki perilaku buruk, seperti melakukan kekerasan fisik atau verbal.

Toxic parents juga berlaku untuk orangtua yang melakukan tindakan-tindakan yang bisa meracuni keadaan psikologis anak. Ini jelas lebih berbahaya, karena jenis toxic parents yang kedua ini tidak terlihat.

Orangtua bisa saja terlihat normal, mereka memenuhi kebutuhan anak, tidak menyakiti fisik, dan menginginkan yang terbaik untuk anak. Akan tetapi, ada beberapa perilaku dari orangtua yang justru bisa menjadi racun dalam pribadi anak.

Lalu seperti apa tanda toxic parents? Dilansir dari saluran youtube Hendricks therapy’s Mental Health Chats, terdapat beberapa ciri atau tanda toxic parents.

Tanda pertama yang diungkapkan Hendrick dalam channel Youtube-nya adalah adanya ungkapan 'anak-anak mereka adalah hidup mereka'.

"’Anak-anak saya adalah hidup saya sekarang.’ Setiap kali saya mendengar ungkapan itu, saya mendapat banyak tanda dan peringatan bahaya muncul di otak saya, karena itu pertanda bahwa orang ini memiliki hubungan yang tidak sehat," kata dia.

Tanda kedua adalah orang tua yang cenderung tidak menghargai perasaan anak. Tidak sedikit orang tua yang mengasuh anak mereka dengan pola rasa bersalah sejak kecil.

Dia menjelaskan, rasa bersalah adalah cara pengasuhan yang cukup efektif, jika Anda dapat membuat seorang anak kecil merasa bersalah tentang apa yang mereka lakukan.

"’Kamu tahu kami mengorbankan seluruh hidup kami untukmu, bagaimana mungkin kamu tidak melakukan ini untuk kami yang mengasuh'. Kalimat ini ini akan membuat anak merasa bersalah, dan ini merupakan tanda pengasuhan beracun," jelas dia.

Tanda ketiga dari toxic parent menurut Hendricks adalah orang tua menuntut banyak perhatian anak, jika mereka mendapat telepon atau SMS dari pacar.

"Ketika ini terjadi, mereka akan kelihatan kesal, karena mereka merasa Anda tidak memberi mereka seratus persen waktu Anda. Mereka menggunakan cinta sebagai alat tawar-menawar," jelas dia.

"Yang bisa jadi paling menghancurkan ketika Anda sama sekali tidak melakukan apa yang mereka katakan. Orang tua tidak akan menahan cinta mereka, orang tua tidak akan memanggil Anda dan bersikap dingin terhadap anda," lanjut dia.

Tanda lainnya yang mencirikan toxic parents adalah orang tua mencoba menjadikan Anda adalah versi mini dirinya. Tanda toxic parent lainnya adalah orang tua cenderung membuat anak-anak mereka merasa bertanggung jawab atas kebahagiaan mereka.

"Sebagai contoh, Anda harus bersikap seperti bukan seperti Anda. Sebab jika Anda bersikap seperti Anda yang sesungguhnya di depan orang tua, mereka justru tidak bahagia, juga menjadi tanda bahwa kamu memiliki toxic parents," jelas dia.

Related

Parenting 6855244423205988379

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item