Tips Menurunkan Risiko Penyakit Jantung Tanpa Konsumsi Obat

Tips Menurunkan Risiko Penyakit Jantung Tanpa Konsumsi Obat

Naviri Magazine - Penyakit jantung mencakup serangkaian kondisi yang memengaruhi kondisi jantung Anda. Beberapa penyakit jantung yang umum dialami banyak orang seperti masalah irama jantung (aritmia), penyakit arteri koroner, penyakit pembuluh darah, hingga cacat jantung sejak lahir atau cacat jantung bawaan.

Banyak bentuk penyakit jantung dapat dicegah atau diobati dengan pilihan gaya hidup sehat.

Tanpa harus mengonsumsi obat, begini cara mengurangi risiko terkena penyakit jantung, dilansir dari WebMD:

Berjalan-jalan

Hanya berjalan selama 40 menit dalam tiga atau empat kali seminggu dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan berat badan Anda.

Anda dapat membawa hewan peliharaan untuk teman berjalan-jalan. Jika Anda baru memulai berolahraga, lakukan secara perlahan.

Jalin pertemanan

Penelitian menunjukkan kesendirian sama dengan kondisi jantung penderita tekanan darah tinggi, obesitas, dan orang yang tidak berolahraga.

Bukan seberapa sering Anda bertemu dengan teman-teman, tetapi seberapa terhubung Anda dengan mereka adalah hal yang penting dan menjaga jantung tetap sehat.

Makan lebih banyak sayur dan buah

Makanan dengan nutrisi dan serat, serta kalori dan lemak yang rendah, sangat bagus untuk jantung. Sayuran dan buah juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan sehingga menyebabkan diabetes dan penyakit jantung.

Cemilan kacang-kacangan

Serat, lemak tak jenuh, dan asam lemak omega-3 dalam kacang dapat membantu tubuh Anda mengurangi peradangan, kolesterol buruk LDL, dan penumpukan plak di pembuluh darah.

Kacang-kacangan juga dinilai dapat melindungi tubuh dari penggumpalan darah penyebab stroke. Meski bagus, jangan mengonsumsinya secara berlebihan karena kacang juga mengandung banyak kalori.

Mengonsumsi salmon

Makan dua porsi seminggu ikan berlemak seperti salmon, mackerel, sarden, atau tuna dapat membantu kesehatan jantung Anda.

Selain kandungan omega-3, nutrisi lain di dalam ikan juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Related

Tips 4690050782096242181

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item