Toko Sepatu Berusia 128 Tahun Tetap Bertahan di Tengah Hantaman Wabah Corona

Toko Sepatu Berusia 128 Tahun Tetap Bertahan di Tengah Hantaman Wabah Corona

Naviri Magazine - Gimre's Shoes, toko sepatu di kota pesisir Astoria, Oregon, Amerika Serikat (AS) memilih bertahan di tengah goncangan bisnis akibat pandemi virus Corona (COVID-19). Toko yang sudah berusia 128 tahun ini masih tetap berdiri.

Pemilik toko, Peter Gimre menjelaskan awalnya toko sempat tutup sekitar bulan April selama dua minggu karena lockdown. Dengan hampir tiga perempat pendapatannya yang hilang saat itu, dia sempat berpikir tidak bisa menjalankan bisnisnya lagi dalam beberapa bulan ke depan.

Namun pada akhir April, Peter mendapat insentif dari pemerintah. "Jika saya tidak memiliki pinjaman, siapa yang tahu apa yang akan terjadi?" katanya dikutip dari CNN.com.

Pada 15 Mei, dia membuka kembali tokonya untuk pelanggan yang datang dengan kapasitas terbatas. Peter tidak diizinkan memiliki lebih dari delapan pelanggan di dalam satu waktu untuk tujuan physical distancing. Dia juga memotong jam buka tokonya satu jam sehari dan tidak lagi buka pada hari Minggu.

Selama pandemi, dia telah mengurangi pengeluarannya untuk mengimbangi sebagian dari pendapatan yang hilang. Peter memilih tidak lagi menghabiskan uang untuk pemasaran dan periklanan.

Setelah dibuka kembali untuk pelanggan langsung, penjualan mulai meningkat meskipun pada Agustus masih turun 20%. Meski begitu, dia menilai penurunan segitu di tengah pandemi merupakan sebuah kesuksesan besar.

Berkat pinjaman pemerintah dan biaya yang lebih rendah, tokonya bisa bertahan dalam krisis pandemi. Namun jika pandemi menyerang lagi, dia tidak yakin bagaimana akan bertahan.

"Jika itu terjadi sekarang, saya punya bantalan. Jika itu terjadi musim semi berikutnya, saya tidak tahu akan seperti apa arus kas saya pada saat itu," tuturnya.

Related

News 5331077852163998439

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item