Wabah Corona Makin Ganas, Prancis Pilih Lockdown!

Wabah Corona Makin Ganas, Prancis Pilih Lockdown!

Naviri Magazine - Kasus positif dan kematian dari wabah virus corona (Covid-19) kian meningkat secara global termasuk di Prancis. Guna mengatasi hal tersebut, Pemerintah Prancis akan membahas aturan penguncian (lockdown) wilayah lokal baru, sambil tetap menjaga kegiatan ekonomi dan sosial tetap berjalan, pada Jumat (11/9/2020).

Sehari sebelumnya, pada Kamis (10/9/2020), juru bicara pemerintah Gabriel Attal mengatakan bahwa tidak ada yang akan dikesampingkan pada pertemuan kabinet hari ini.

Sementara Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan ia berharap setiap tindakan dan aturan baru tidak akan terlalu membatasi.

Macron mengatakan bahwa meskipun tidak ingin mendahului keputusan apapun, ia berharap aturan saat ini akan memungkinkan Prancis untuk mengatasi virus, sambil tetap membiarkan warga bisa hidup senormal mungkin.

Hidup normal yang dikatakan Macron mengacu pada aturan seperti menjaga jarak sosial dan penggunaan wajib masker di sebagian besar wilayah di negara ini.

"Kami perlu melakukannya sambil memungkinkan kami untuk terus hidup, seperti dapat mendidik anak-anak kami, mengobati penyakit lain, dan melindungi pasien lain," kata Macron dalam konferensi pers di Corsica, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Sementara profesor Jean-François Delfraissy, kepala dewan ilmiah yang menasihati pemerintah tentang epidemi, mengatakan penyebaran virus sedang dipantau secara ketat di kota-kota besar, seperti Paris dan Marseille.

"Kami harus melakukan segala yang kami bisa untuk menghindari penguncian lokal... Di wilayah ini kami dapat melihat pembatasan lebih lanjut untuk pertemuan besar orang banyak," katanya kepada radio RTL.

Prancis memiliki angka kematian akibat penyakit Covid-19 tertinggi ketujuh di dunia.

Setidaknya negara ini melaporkan 353.944 kasus positif yang bertambah 9.843 kasus dalam sehari, dengan 30.813 kasus kematian, dan 88.742 pasien berhasil sembuh, diambil dari data Worldometers.

Related

News 2517620016453093824

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item