Wanita Ini Kehilangan Uang Hampir Rp 10 Juta Gara-gara Dimakan Rayap

Wanita Ini Kehilangan Uang Hampir Rp 10 Juta Gara-gara Dimakan Rayap

Naviri Magazine - Seorang wanita mengalami kerugian finansial akibat uang yang ia simpan di lemari dimakan oleh hewan rayap. Kisah tersebut kemudian ia bagikan di laman twitter dan mendapat respon dari warganet.

Pengalaman buruk yang ia alami tersebut akhirnya menjadi viral. Ia membagikan cerita dan gambar uang tabungannya yang rusak karena dimakan rayap setelah disimpan dalam lemari.

Kisah yang dibagikan oleh Putri Buddin lewat akun Twitter miliknya belakangan menjadi viral. Ia membagikan cerita dan gambar uang tabungannya yang rusak karena dimakan rayap setelah disimpan dalam lemari.

Cewek berusia 23 tahun itu menceritakan bahwa uang jutaan rupiah yang ditabungnya itu sebenarnya untuk sang nenek yang telah meninggal dunia.

"Jadi, aku kasih ke nenek aku sekitar Rp 3 jutaan. Kata nenekku enggak mau pakai, makanya aku taruh di lemari. Aku bilang kalau nenek butuh uang, ambil saja di dalam lemari," ujar Putri.

"Terus bukannya diambil, tapi ditambahin sampai Rp 10 jutaan. Aku enggak tahu dan lupa juga pernah menaruh uang di lemari," lanjut Putri.

Menurut Putri, ia memberikan uang kepada neneknya sekitar 1 tahun yang lalu.

Namun, setelah sang nenek berpulang, ia mengecek uang yang pernah ia berikan kepada neneknya sebagai persediaan jika ada kebutuhan mendesak.

Saat mengecek isi lemari, Putri menemukan dua bungkus uang. Satu bungkus ia buang karena nggak terselamatkan, dan satunya lagi tersisa Rp 5,4 juta dari yang bisa terhitung.

Setelah kisahnya viral di Twitter, ia pun mendapat banyak saran dari netizen untuk membawanya ke Bank Indonesia dan menanyakan apakah uang itu bisa ditukar atau nggak.

Untungnya, sejumlah uang tersebut bisa ditukar dengan uang utuh. Pengalamannya menukar uang itu pun kembali ia ceritakan di Twitter.

Setelah mengantre dengan nomor, ia kemudian menuju teller untuk dibantu memisahkan uang yang bisa ditolong menggunakan alat pemeriksa dari petugas bank.

Menurut Putri, alat untuk mengecek kelayakan dan keutuhan uang secara fisik ternyata memiliki ketentuan apakah tingkat kerusakan uang kertas layak untuk ditukar dengan uang baru atau tidak.

"Uang yang dapat diganti harus memiliki keutuhan fisik sebesar minimal 67 persen. Jadi, kalau serinya hilang atau tidak lengkap, tapi keutuhan fisiknya di atas 67 persen, uangnya bisa diganti dengan uang baru," ujar Putri.

Uang-uang yang kondisinya di atas 67 persen atau yang lolos uji kelayakan dipisahkan dan ditempelkan di atas kertas putih. Sedangkan yang nggak lolos akan dicap "Tidak Diganti."

Dari jumlah Rp 5,4 juta uang yang ada dalam plastik itu, pihak BI mengungkapkan, hanya Rp 1,05 juta saja yang lolos uji kelayakan untuk ditukar dengan uang baru.

Sementara, untuk uang-uang yang dicap "Tidak Diganti" dimasukkan dalam plastik dan dikembalikan ke Putri.

Related

World's Fact 274509138540949361

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item