500 Ribu Hiu Diprediksi Akan Mati untuk Produksi Massal Vaksin Corona

 500 Ribu Hiu Diprediksi Akan Mati untuk Produksi Massal Vaksin Corona

Naviri Magazine - Ikan hiu mengandung minyak alami bernama squalene. Minyak ini telah digunakan dalam vaksin flu sejak 1997. Minyak ini juga akan digunakan pada vaksin virus corona untuk meningkatkan efektivitasnya. 

Salah satu pembuat vaksin virus SARS-CoV-2, GlaxoSmithKline (GSK), berencana menggunakan hingga satu miliar dosis squalene. Jumlah tersebut digunakan untuk mengembangkan vaksin yang berpotensi mengakhiri pandemi COVID-19. 

Untuk bisa memperoleh 1.000 Kg minyak squalene membutuhkan sekitar 3 ribu ikan hiu. Hal ini berpotensi meningkatkan risiko punahnya ikan hiu yang saat ini jumlahnya terus menurun.

Kelompok ahli konservasi, Shark Allies mengatakan jika setiap orang di dunia memperoleh satu dosis vaksin, sebanyak 250 ribu ekor ikan hiu harus meregang nyawa.

Alternatif untuk squalene dari sumber yang lebih ramah lingkungan memang tersedia. Beberapa di antaranya adalah squalene sintetis yang diambil dari tumbuhan serta minyak squalene dari tebu. 

Menurut Shark Allies, “melalui kaca mata ilmu kimia, squalene dari sumber lainnya seharusnya identik, (karena) struktur kimianya tetap sama (C30H50).”

Related

Science 3538454990806113754

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item